Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dari/Cara Count Excel

Rumus COUNT Excel: Cara menghitung banyak data (sel atau range data) yang berisi angka memakai fungsi count pada excel



Fungsi Rumus Count Excel Untuk Menghitung Banyak Data Numerik


Fungsi Count Excel – Seperti fungsi Average yang telah kita diskusikan sebelumnya , Fungsi Count pada Excel juga tergolong dalam golongan fungsi “Statistical“.


Pada microsoft excel dipakai untuk apakah fungsi atau rumus Count excel ini? Mari kita pelajari bareng .




Panduan wacana mengkalkulasikan sel yang mengandung teks tertentu bisa anda pelajari pada halaman berikut: Rumus Menghitung Jumlah Data Yang Terisi Teks Tertentu Pada Microsoft Excel


Pengertian Fungsi COUNT Excel


Fungsi COUNT yakni fungsi yang disediakan oleh microsoft excel untuk mengkalkulasikan jumlah data atau cell yang berisi angka dari daftar argumen.


Jadi , Anda bisa menggunakan fungsi COUNT pada excel untuk mendapatkan jumlah entri atau banyak kehadiran data angka (number) dari sebuah range atau array.


Barangkali banyak yang menganggap fungsi ini sama dengan fungsi SUM yang masuk dalam golongan fungsi Math & Trig (Mathematics and Trigonometri).


Perbedaan fungsi SUM dan Fungsi Count merupakan pada nilai yang dijumlah. Fungsi SUM menjumlah jumlah total nilai data sedangkan fungsi COUNT digunakan untuk mengkalkulasikan banyaknya pemilik atau kedatangan data.


Cara Menggunakan fungsi COUNT Excel


Bagaimana cara memakai fungsi Count pada Excel?


Cara memakai fungsi rumus Count pada excel untuk mengkalkulasikan jumlah kedatangan data cukup gampang , yakni dengan mengikuti kaidah penulisan berikut:


COUNT(value1; [value2]; ...)

Keterangan Sintaks fungsi COUNT:



value1


Item pertama berupa referensi sel , atau range yang ingin kita hitung jumlah datanya yang berisi angka (number).


value2 , …


(Opsional) Maksimal hingga 255 item pelengkap , rujukan sel atau range lain yang ingin kita hitung sel yang berisi angkanya.



Contoh Rumus Count Pada Excel


Perhatikan contoh rumus Count excel berikut:


Contoh Fungsi Count Excel


Pada contoh diatas rumus Count dipakai untuk mengkalkulasikan jumlah cell yang berisi angka pada range A2:A7. Hasilnya ialah 4. Pada range tersebut tersebut , sel yang berisi teks tidak ikut dijumlah alasannya fungsi Count pada excel cuma mengkalkulasikan data numeric saja.


Rumus excel yang dipakai untuk menjumlah data numeric pada range A2:A7 di atas yaitu selaku berikut:


=COUNT(A2:A7)

Saat memakai fungsi Count pada rumus excel ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.


Jika memakai fungsi Count untuk menjumlah banyak cell yang berisi angka , Sel yang bernilai numerik baik dalam format desimal , akunting , tanggal atau waktu dan lain-lain akan terhitung.


Perhatikan contoh rumus count di excel berikut:


Contoh Rumus Count Excel


Jika argumen berbentukarray atau rujukan sel , maka rumus count hanya akan menjumlah angka dalam array atau rujukan. Sel kosong , nilai logika , teks , atau nilai kesalahan dalam array atau rujukan tidak dijumlah.


Pada rumus count excel ini , argumen yang bernilai kesalahan atau teks yang tidak mampu diterjemahkan menjadi angka tidak dijumlah. Silahkan amati contohnya dibawah ini:


Contoh Rumus Excel Count


Keterangan diatas dikecualikan kalau nilai kebijaksanaan dan teks yang merepresentasikan angka diketik secara langsung ke dalam daftar argumen rumus Count Excel. Pada masalah ini nilai-nilai teks yang merepresentasikan angka (Misal: TRUE , FALSE , dan angka yang ditulis dalam tanda petik) akan dijumlah selaku angka. Berikut misalnya:


Contoh Rumus Count Pada Excel


=COUNT(TRUE;FALSE;"123";15000;FALSE;TRUE)

Seperti contoh diatas jikalau kita masukkan nilai logika (TRUE/FALSE) langsung ke dalam rumus COUNT maka akan dianggap selaku angka. Begitu pula angka yang dimasukkan dalam tanda petik ganda yang sebaiknya dianggap selaku sebuah teks.


Lalu bagaimana bila ingin menjumlah nilai logika , teks , atau nilai kesalahan? Gunakan .


Sedangkan untuk mengkalkulasikan jumlah cell dengan kriteria tertentu gunakanlah atau yang sudah diterangkan pada bagian lain.
Sekian penjelasan wacana cara memakai fungsi atau rumus COUNT pada microsoft excel. JIka ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia.>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : Windows 10 20H2 Release Preview Channel!


Baca Juga : Performa Google Chrome Dirombak Total — Asik Bukan


Baca Juga : Whatsapp Web Nanti Bisa Dapat Login Dengan Fingerprint!