Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

00 Kiat Penjumlahan Bersyarat/Berkriteria Pada Microsoft Excel

Rumus SUMIF Excel: Cara penjumlahan bersyarat atau menjumlahkan data dengan persyaratan tertentu pada microsoft excel memakai fungsi Sumif Excel.



Cara Menggunakan Fungsi SUMIF Excel


Fungsi SUMIF dipakai untuk melaksanakan penjumlahan bersyarat pada microsoft excel. Fungsi excel ini termasuk dalam golongan fungsi Math & Trig (Mathematics and Trigonometri).


Fungsi atau rumus Sumif dipakai selaku rumus penjumlahan dengan suatu patokan atau untuk menjumlahkan nilai sebuah range yang menyanggupi syarat tertentu.


Hampir sama dengan yang menjumlahkan data pada range tertentu , fungsi SUMIF ini juga menjumlahkan data namun data yang akan dijumlahkan harus mengacu pada kondisi atau syarat tertentu.





Cara Menggunakan Fungsi SUMIF Excel


Pada rumus excel cara memakai rumus Sumif yakni selaku berikut


SUMIF(Range; Kriteria; [Sum_range])

Penjelasan sintaksis Fungsi SUMIF :



Range


Merupakan Range data dimana pada range ini persyaratan akan dipraktekkan. Sel di setiap rentang ini mesti berupa angka atau nama range , array , atau rujukan yang berisi angka. Sel kosong (blank cell) atau nilai teks akan diabaikan.


Kriteria


Merupakan standar yang akan diterapkan pada argumen Range. Kriteria ini akan memilih sel mana saja yang akan dijumlahkan. Kriteria bisa berupa angka , ekspresi budi , tumpuan sel , teks , atau fungsi yang menentukan sel mana pada argument Range yang mau disertakan.


Sum_range


Argumen ini bersifat opsional. Jika range data yang mau dijumlahkan berbeda dengan range data dimana tolok ukur diterapkan maka range data yang akan dijumhlakan tersebut ditulis pada bab ini. Jika arugumen ini diisi maka range data inilah yang hendak dijumlahkan. Jika argumen sum_range ini dihilangkan atau tidak diisi , Excel akan menjumlahkan sel yang diputuskan di argumen range (sel yang serupa di mana kriteria diterapkan)


Untuk lebih jelasnya akan aku kasih beberapa contoh sederhana tentang cara menggunakan fungsi SUMIF Excel ini.


Contoh Cara Menggunakan Rumus SUMIF Excel


Pada fungsi SUMIF , tolok ukur teks atau standar apa pun yang mencakup simbol akal atau matematika mesti disertakan dalam tanda kutip ganda (“…”). Jika persyaratan yakni numerik , tanda kutip ganda tidak diharapkan.


Contoh Fungsi SUMIF 1


Contoh Rumus SUMIF Excel 1


Pada rumus pertama fungsi sumif digunakan untuk menjumlahkan setiap sel yang bernilai 100 pada range A2:A8. Rumus excelnya yaitu:


=SUMIF(A2:A8;100)

Pada rumus kedua fungsi sumif dipakai untuk melaksanakan penjumlahan dengan tolok ukur sel pada range A2:A8 bernilai lebih dari 100.


Angka yang lebih dari 100 pada range A2:A8 ialah: 200+300+200 = 700.


=SUMIF(A2:A8;">100")

Jika Kriteria mengacu pada sel lain ekpresi logika digabungkan dengan acuan sel memakai operator &. Untuk lebih jelasnya amati formula penulisan kedua rumus excel sumif berikut:


Rumus pertama dengan pola sel


=SUMIF(A2:A8;C5)

Rumus kedua dengan rujukan sel


=SUMIF(A2:A8;">"&C5)

Pada kedua rumus diatas cell C5 berisi angka 100.


Membaca ulang klarifikasi dan acuan diatas sesungguhnya fungsi ini juga digolongkan selaku fungsi nalar. Dengan demikian setidaknya kita juga mesti faham tentang operator perbandingan pada excel biar bisa menggunakan fungsi ini dengan benar.


Contoh Fungsi SUMIF 2


Pada teladan kedua ini persyaratan dan range data yang mau dijumlahkan berlawanan kolom.


Contoh Rumus SUMIF Excel 2


Pada pola diatas tolok ukur dituliskan eksklusif pada argumen fungsi SUMIF.


=SUMIF(B2:B9;"Suplier 2";D2:D9)

Rumus Sumif pada pola tersebut menjumlahkan data pada range D2:D9 (Kolom Jumlah) dengan persyaratan bahwa pada baris yang bersesuaian pada kolom B2:B9 (Kolom Suplier) bernilai teks “Suplier 2”.


Hasilnya ialah: 50+50+200+100 = 400.


Pada contoh selanjutnya ini tolok ukur merujuk pada sel lain. Yakni sel F3.


Contoh Rumus SUMIF Excel 3


=SUMIF(C2:C9;F3;D2:D9)

Pada rumus excel diatas fungsi SUMIF menjumlahkan data pada kolom D2:D9 (Kolom Jumlah) yang bersesuaian dengan kolom C2:C9 (Kolom Barang) jikalau sel-sel pada kolom barang berisi teks “Barang 3”.


Hasilnya yakni: 75+200 = 275.


Contoh Fungsi SUMIF 3


Pada fungsi atau rumus SUMIF ini kita dapat juga mengunakan aksara wilcard tanda tanya (?) dan tanda bintang (*) selaku argumen persyaratan. Tanda tanya (?) mewakili abjad tunggal apa pun. Sedangkan tanda bintang(*) mewakili banyak abjad.


Contoh Rumus SUMIF Excel Dengan Karakter Wilcard


Untuk mengkalkulasikan jumlah harga dari barang yang diawali dengan teks “Buku” kita bisa menggunakan rumus sumif:


=SUMIF(B2:B9;"Buku*";C2:C9)

Sedangkan untuk menghitung jumlah harga dari nama barang yang ditengah-tengah nama barangnya terdapat teks “Folio” , rumus sumif yang digunakan:


=SUMIF(B2:B9;"*Folio*";C2:C9)

Pada teladan rumus excel ke-3 pada gambar diatas Sumif excel dipakai untuk menjumlahkan harga dengan Kriteria nama barang diakhiri dengan angka atau teks 60.


=SUMIF(B2:B9;"*60";C2:C9)

Untuk yang terakhir rumus sumif dipakai untuk menjumlahkan harga barang yang diawali dengan teks “Kertas Folio” dan diakhiri dengan 3 karakter teks apapun


=SUMIF(B2:B9;"Kertas Folio???";C2:C9)

Pada contoh diatsa perlu diamati bahwa spasi dijumlah selaku 1 abjad juga.


Fungsi SUMIF hanya menerima 1 patokan penjumlahan untuk menjumlahkan data dengan banyak tolok ukur maka gunakanlah .
Agar lebih faham silahkan dicoba dengan berbagai variasi. Salam Kelas Excel “Malas berguru , kerja Manual.>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : 5 Teknologi Pilihan Yang ‘Tewas’ Di Tahun 2017


Baca Juga : Microsoft Tarik Kembali Baru Kb4581021 U


Baca Juga : Yang Dihapus Di Windows 10 May 2020 Update!