Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faedah Dari Average Excel: 00 Cara Menghitung / Formula Rata-Rata Di Excel

Panduan rumus Average excel , teladan dan cara menghitung rumus rata rata nilai di excel menggunakan fungsi Average excel.



Fungsi Average - Rumus Menghitung Rata-rata Excel


Rumus/Fungsi Average Excel – Bagaimanakah cara menjumlah rata-rata di excel? Pada bimbingan excel kali ini , kita akan berguru cara mengkalkulasikan nilai rata-rata pada microsoft excel.


Dengan memakai office excel Anda tidak akan kesulitan untuk mencari rata-rata nilai , karena microsoft excel sudah menunjukkan fungsi khusus untuk menghitung nilai rata-rata sekelompok data , yaitu dengan memakai fungsi AVERAGE excel.


Rumus rata-rata sendiri ialah suatu rumus yang digunakan untuk mengkalkulasikan jumlah nilai sekelompok data di bagi dengan banyaknya data. Pada umumnya nilai rata-rata dipakai untuk mendapatkan gambaran biasa dari suatu data.


Pada bimbingan excel kali ini kelas excel akan mengajak anda untuk mempelajari rumus rata-rata excel atau bagaimana cara menjumlah nilai rata-rata pada microsoft excel dengan memakai fungsi Average excel.





Pengertian Fungsi AVERAGE Excel


Fungsi AVERAGE ialah salah satu fungsi microsoft excel yang digunakan mengkalkulasikan rata-rata dari sekelompok nilai argumen yang diberikan pada beberapa sel atau range data. Dengan kata lain Fungsi AVERAGE yakni fungsi dalam excel yang dipakai mengkalkulasikan rata-rata dari sekelompok nilai.


Pada microsoft excel , Fungsi Average termasuk dalam pembagian terstruktur mengenai fungsi Statistik.


Rumus Average pada excel lazimnya digunakan untuk menjumlah nilai rata-rata matematika di excel mirip menjumlah nilai rata rata raport untuk penilaian hasil mencar ilmu siswa.


Rata-rata merupakan nilai rata-rata aritmatika yang dijumlah dengan menjumlahkan sekelompok angka kemudian membaginya dengan jumlah atau banyaknya angka tersebut.


Misalnya , rata-rata dari 10 , 20 , 20 , 30 , dan 20 yakni 20 yang didapatkan dengan membagi jumlah angka-angka tersebut (100) dengan banyaknya angka (5).


Cara Menggunakan Fungsi AVERAGE


Cara mengkalkulasikan rata-rata di excel dengan menggunakan fungsi excel Average yakni selaku berikut:


AVERAGE(Angka1; [Angka2]; ...)

Sintaksis atau cara penulisan fungsi excel AVERAGE di atas mempunyai argumen berikut:



AVERAGE


Nama fungsi excel untuk menjumlah nilai rata-rata.


Angka1


(Wajib di isi) Argumen angka pertama , rujukan sel , atau rentang yang mau kita hitung nilai rata-ratanya.


Angka2


(Opsional) Angka pemanis lain , rujukan sel , atau rentang yang ingin dijumlah rata-ratanya , hingga maksimum 255.



Contoh Rumus AVERAGE


Contoh penggunaan rumus average excel bisa anda lihat dibawah ini:


Menghitung Rata-rata di Excel Dengan Rumus Average 1


Silahkan lihat acuan penggunaan rumus average dalam microsoft excel berikut:


Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 1


=AVERAGE(A2:A7)

Pada pola diatas , rumus average excel dipakai untuk mencari rata-rata nilai pada range A2:A7. Hasilnya merupakan 20. Angka 20 ini didapat dari perhitungan rata-rata nilai berikut:


(20+30+20+10+30+10)/6 = 120/6 = 20


Mencari Rata-rata di Excel Dengan Rumus Average 2


Selanjutnya silahkan perhatikan pola rumus average excel yang digunakan untuk menjumlah nilai rata-rata excel berikut:


Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 2


Pada sel D3 contoh gambar diatas rumus rata-rata excel yang dipakai ialah:


=AVERAGE(A2:A6;B2:B6)

Rumus rata-rata excel dengan fungsi Average tersebut mengkalkulasikan nilai rata-rata dari range A2:A6 dan B2:B6. Hasilnya yakni 20. Angka ini di bisa dari perkiraan berikut:


(10+15+30+20+15+20+30+40+0+20)/10 = 200/10 = 20

Pada microsoft excel , selain menggunakan rumus excel tersebut , cara mencari rata-rata dengan rumus average untuk range data tersebut , mampu juga dijumlah dengan rumus excel berikut mirip contoh pada sel D4:


=AVERAGE(A2:B6)

Rumus Excel diatas akan membuat nilai rata-rata yang sama dengan rumus sebelumnya. Yakni angka 20.


Selain memakai acuan sel/range ibarat acuan diatas , argumen pada fungsi Average bisa juga berupa angka atau nama range. Untuk membuat nama range bisa anda pelajari pada halaman berikut: 3 Cara Memberi Nama Range Pada Excel.


Jika contoh sel atau range berisi teks , nilai logika , atau sel kosong , nilai-nilai itu akan diabaikan akan tetapi , sel dengan nilai nol dimasukkan/ tetap dijumlah seperti pada acuan 2 diatas.


Selanjutnya amati pola rumus average excel berikut:


Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi-rumus Average 3


Pada contoh Average diatas , kalau kita menjumlah rata-rata nilai untuk range A2:A7 dengan rumus berikut:


=AVERAGE(A2:A7)

Maka evaluasinya akan mengabaikan sel-sel yang berisi teks (A3) , nilai logika (A5) dan sel kosong (A6). Sehingga cuma 3 sel yang dihitung rata-ratanya. Bukan 5 Sel.


(20+20+20)/3 = 60/3 = 20

Jika kita ingin menyertakan nilai nalar dan teks yang merepresentasikan angka dalam suatu tumpuan selaku potongan dari perkiraan , gunakan fungsi AVERAGEA.


Perlu Anda ketahui bahwa argumen fungsi AVERAGE yang berupa nilai kesalahan atau teks yang tidak mampu diterjemahkan menjadi angka semisal nilai error #N/A akan menyebabkan fungsi Average membuat nilai error atau kesalahan mirip pada teladan diatas.


Menghitung rata-rata nilai dengan fungsi/rumus Average 4


=AVERAGE(A2:A7)

Rumus Average Excel diatas mengkalkulasikan rata-rata nilai untuk range A2:A7. Rumus excel tersebut akan menghasilkan nilai kesalahan #NA. Sebab pada range A4 terdapat sel yang bernilai error.


Untuk lebih mengetahui wacana pesan kesalahan/error pada microsoft excel silahkan dibaca pada bagian berikut: Mengenal 7 Jenis / Tipe Pesan Error pada Rumus Microsoft Excel.


Rumus Rata-rata Excel Lain


Fungsi Average pada excel tidak mampu digunakan untuk memilih rata-rata nilai dengan syarat atau standar tertentu. Apabila anda ingin menjumlah rata-rata nilai di excel dengan syarat atau persyaratan tertentu , maka gunakanlah fungsi atau yang telah kami diskusikan pada bagian lain.


Pada masalah-kasus tertentu adakalanya anda ingin menjumlah nilai rata-rata tanpa menjumlah angka 0.


Khusus untuk menjumlah rata-rata nilai tanpa melibatkan sel kosong dan angka nol , panduan rumus excelnya mampu anda baca pada halaman berikut: .
Sekian pembahasan kali ini ihwal cara menggunakan rumus AVERAGE untuk mengkalkulasikan rata-rata nilai di Excel. Jika masih ada yang kurang jelas silahkan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia.


Semoga berguna dan selamat menjajal . Terima kasih!>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : Membuat Restore Point Pada Waktu Tertentu Secara Otomatis


Baca Juga : Game Brutal Legend Sedang Gratis, Link Untuk Disin


Baca Juga : Untuk Manual Membuat Wifi Dari Laptop