Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Daftar Auto Fill Kita Sendiri (Custom List) Di Excel – Computer 1001


Tutorial: Excel 2007, 2010, 2013, 2016.
Tutorial ini membicarakan tips membuat daftar Auto Fill kita sendiri (Custom List), contohnya daftar nama karyawan, murid, anggota, kota, dan daftar yang lain di Excel. Fitur ini sungguh membantu kita yang sering menggunakan daftar data yang sama berulang kali.
Cara Membuat Daftar Auto Fill Kita Sendiri (Custom List) di Excel

Anda mungkin akan mengajukan pertanyaan-tanya, mengapa tidak langsung copy paste saja daftar tersebut dari dokumen Excel lainnya?
Sekilas memang kelihatannya sama saja. Tetapi Auto Fill dengan Custom List mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan cara copy paste daftar, yakni:



  • Kita bisa memulainya dari isi daftar yang mana saja, tidak mesti data pertama.

  • Selanjutnya kita mampu mengisi baris dan kolom sebanyak yang kita kehendaki ke berbagai arah dengan memakai Fill handle.


Fitur Auto Fill di Excel sangat menolong membuat daftar otomatis yang mengisi kolom atau baris dengan segera tanpa mesti mengetiknya satu per satu. Cukup memakai data dari satu atau beberapa sel saja,  kita bisa menyebabkan daftar data sepanjang baris dan kolom yang ingin kita isi.
Contohnya ibarat gambar berikut untuk Seri Data Jam, Hari, Tanggal dan Bulan. Cukup menulis Monday dan Tuesday (kolom 3) pada dua baris pertama, selanjutnya kita bisa memberikan nama hari berikutnya dengan menggunakan Auto Fill.
Contoh Auto Fill jam, hari, tanggal, bulan
Lihat di sini: Membuat Seri Angka dan Tanggal dengan Auto Fill di Excel, untuk melihat aneka macam bentuk daftar yang bisa dibentuk.
Excel sudah mempunyai daftar Auto Fill untuk kita gunakan, yakni: nama hari (Monday, Tuesday, Wednesday), bulan (January, February, March) dan tiga abjad pertama nama hari (Mon, Tue, Wed) dan bulan (Jan, Feb, Mar).
Bila komputer memakai settingan bahasa Indonesia, maka Excel juga memiliki daftar untuk nama hari dan bulan dalam bahasa Indonesia:



  • Sen, Sel, Rab, Kam, Jum, Sab, Mgg

  • Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu

  • Jan, Feb, Mar, Apr, Mei, Jun, Jul, Agu, Sep, Okt, Nov, Des

  • Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember


Seperti yang sudah disampaikan di atas, selain daftar Auto Fill yang ditawarkan Excel, kita juga bisa bikin daftar kita sendiri (Custom List). Berikut yakni rumus menciptakan dan menggunakanya.


Cara Membuat Custom List Excel


Hal penting: Custom List tidak boleh berisi angka saja (misal: 1001, 1002, 1003). Tetapi harus berbentukteks. Kaprikornus untuk angka perlu ditambahkan karakter, misalnya menjadi C 1001, C 1002, C 1003.
Langkah-Langkah:



  1. Misalnya kita telah memiliki daftar pada lembar kerja. Pilih atau highlight sel yang berisi daftar tersebut untuk dijadikan Custom List. Contohnya mirip gambar berikut.
    Contoh data untuk Custom List

  2. Selanjutnya pada:

    • Excel 2007: klik tombol Office Button dan klik Excel Options. Klik Popular, di bagian Top options for working with Excel, klik tombol Edit Custom Lists.

    • Excel 2010, 2013, 2016: klik File tab dan klik Options. Klik Advanced, scroll ke potongan General dan klik tombol Edit Custom Lists.


    Klik tombol Edit Custom Lists



  3. Kumpulan sel yang kita pilih telah ada di kotak Import List from Cells. Selanjutnya klik tombol Import.
    Kotak dialog Custom List
    Sekarang daftar tersebut sudah berada di kotak Custom lists dan List entries.
    Contoh Custom List

  4. Bila Anda masih ingin memperbesar isi daftar, maka gunakan cara di bawah ini:

    1. Klik pada baris yang Anda harapkan di kotak List entries dan tekan tombol Enter untuk bikin baris gres. Ketik tambahannya. Ulangi langkah ini hingga simpulan.

    2. Kemudian klik tombol Add. Sekarang isi daftar di kotak Custom List sudah bertambah.



  5. Catatan: langkah di atas juga bisa dipakai untuk membuat Custom List pribadi, tanpa menggunakan data yang ada di lembar kerja. Untuk menjadikannya, klik NEW LIST pada kotak Custom lists dan teruskan dengan langkah 4a dan 4b.


  6. Klik OK untuk menutup semua kotak pembicaraan.


 


Cara Menggunakan Custom List Excel


Berikut ini yaitu cara menggunakan Custom List yang sudah kita buat.
Langkah-Langkah:



  1. Ketik salah satu data dari Custom List yang kita buat.
    Catatan: kita bisa mengetik data apa saja yang ada di Custom List. Tidak mesti data yang pertama. Lihat misalnya di bawah ini.

  2. Pilih sel tersebut dan tarik Fill handle (kotak kecil di sudut kanan bawah sel).
    Kita mampu menawan  Fill handle ke segala arah (kiri, kanan, atas, bawah).
    Contoh cara pakai Custom List pada lembar kerja


Hal yang perlu dikenali:
Huruf besar dan huruf kecil pada daftar Auto Fill tergantung pada ketikkan kita di langkah 1 di atas. Contohnya, Custom List yang dibuat pada bimbingan ini menggunakan karakter besar pada abjad pertama saja (teladan: Facebook). Akan namun, jika kita mengetikkan FACEBOOK dan mempesona  Fill handle, maka isi daftar yang lain juga akan berupa abjad besar seluruhnya.





Baca Juga : Update Baru Microsoft Office 2019


Baca Juga : Review OnePlus Nord


Baca Juga : Review: Tools Baru Ubuntu 18.04 Lts Akhir // Tour Tekno #1