Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Seri Angka Dan Tanggal Dengan Auto Fill Di Excel – Computer 1001


Tutorial: Excel 2007, 2010, 2013, 2016.
Tutorial ini membicarakan tips memakai fitur Auto Fill Excel untuk membuat seri data yang berurutan (linier), baik untuk angka, tanggal, nama hari dan bulan, serta campuran teks dan angka.
Membuat Seri Angka dan Tanggal dengan Auto Fill di Excel

Banyak data di Excel baik pada kolom maupun baris yang berbentukseri angka atau tanggal yang berurutan. Untuk itu, Excel menawarkan fitur Auto Fill yang melaksanakan tugas ini untuk hasil yang cepat dengan cara yang mudah.
Anda niscaya sudah sering memakai fitur Auto Fill ini untuk menyalin isi sel dan menaruhnya pada baris di bawahnya atau untuk mengisi kolom di sampingnya. Namun, bukan cuma sekedar itu saja. Ada banyak sekali seri data yang dapat kita buat dengan memakai Auto Fill.


Cara Membuat Auto Fill dengan Menggunakan Fill Handle


Fill handle yakni kotak kecil di sudut kanan bawah sel. Saat kita arahkan kursor ke kotak tersebut, maka pointer akan berubah menjadi tanda tambah (+). Klik tanda tambah tersebut dan tarik ke bawah atau ke kanan untuk bikin Auto Fill.
Fill Handle
Fill handle juga mampu ditarik dari bawah ke atas atau dari kiri ke kanan. Hal ini akan menghasilkan seri data yang nilainya mengecil atau negatif.
Berbagai seri data untuk arah Fill Handle
Auto Fill bisa digunakan untuk untuk menyalin (copy) isi sel ataupun formula. Untuk fungsi ini, cukup mengisi data di satu sel saja. Selanjutnya pilih sel tersebut dan tarik Fill handle.
Auto Fill untuk teks dan formula Excel
Auto Fill juga bisa menciptakan seri data angka linier (pola: 1,2,3), teks, campuran angka dan teks, hari, tanggal, bulan serta tahun. Untuk fungsi ini, ketik data pada dua sel atau lebih, kemudian pilih kumpulan sel tersebut dan tarik Fill handle. Contoh-contohnya ada di bawah ini.
 


Contoh-Contoh Auto Fill


Berikut ini yakni contoh-contoh Auto Fill untuk seri data linier. Silakan scroll ke bawah untuk menyaksikan seri data apa saja yang mampu dibentuk dengan menggunakan fitur ini. Dengan demkian, untuk berikutnya ketika bekerja memakai Excel, Anda tidak butuhmengetik satu per satu data yang bahu-membahu bisa dihasilkan secara otomatis oleh Excel.
Contoh Seri Data Angka
Data yang dimasukkan cuma pada dua baris pertama saja. Sisanya memakai Auto Fill.
Kita bisa membuat seri angka genap, ganjil, kelipatan 5 dan kelipatan 100. Kita juga bisa membuat seri angka lainnya. Silakan menjajal .
Rekomendasi: Membuat Urutan Angka di Excel Hingga Puluhan Ribu tanpa Melakukan Dragging
Contoh Auto Fill angka
 
Contoh Seri Data Teks serta Gabungan Teks dan Angka
Data dimasukkan pada dua baris pertama saja. Sisanya menggunakan Auto Fill.
Perhatikan untuk data berisi angka (contoh: A1, A2 dan Bulan 1, Bulan 2), nilai angkanya akan meningkat.
Contoh Auto Fill teks dan angka
 
Contoh Seri Data Jam, Hari, Tanggal dan Bulan
Excel akan menciptakan seri data menurut contoh data pada dua baris pertama. Sisanya memakai Auto Fill. Selain nama bulan dan hari yang lengkap, Auto Fill juga mampu bikin seri data 3 abjad pertama nama hari dan bulan.
Contoh Auto Fill jam, hari, tanggal, bulan
Lihat juga bimbingan ini: Membuat Daftar Urut Tanggal, Bulan, dan Tahun di Excel, dengan menggunakan data pada sel pertama saja.
 
Contoh Seri Data Linier dengan Baris Kosong
Excel akan bikin seri data berdasarkan contoh data sel yang kita pilih. Bila kita juga memilih baris kosong, maka Excel akan memasukkan baris kosong tersebut pada seri data Auto Fill.
Contoh Auto Fill dengan Baris Kosong
 


Ada Lagi?


Masih banyak lagi kegunaan fitur Auto Fill ini. Kita juga bisa membuat Auto Fill dengan memakai data dari Custom List, adalah daftar data kita sendiri yang khusus, bukan yang ditawarkan secara default oleh Excel. Caranya akan dibahas pada panduan berikut. Lihat di sini: Cara Membuat Daftar Auto Fill Kita Sendiri (Custom List) di Excel.





Baca Juga : Khusus Edit Video Windows 7


Baca Juga : tools Windows 10 2020


Baca Juga : Microsoft Tarik Kembali Baru Kb4581021 U