Klarifikasi Cell Dan Range & Perbedaan Baris Dan Kolom (Row Dan Column) Di Excel
Menjelaskan pengertian cell , pemahaman range , pengertian row dan pengertian column di excel serta perbedaan baris dan kolom & cara berpindah antar cell pada microsoft office excel
Bagaimana pemahaman cell , range , row dan column pada microsoft excel?
Setelah menerangkan perbedaan workbook dan worksheet pada microsoft excel , pada panduan excel kali ini kita akan mempelajari ihwal pengertian Cell , pengertian Range serta menerangkan ihwal pengertian dan perbedaan antara baris dan kolom atau Row dan Column pada microsoft Excel.
Tutorial excel ini ditujukan untuk anda yang memang benar-benar nol dan baru mengenal Ms. excel. Untuk anda yang sudah mengerti wacana desain dasar penggunaan excel , bimbingan kali ini bisa anda lewati. Namun demikian tidak ada salahnya anda baca dulu , barangkali ada satu dua hal yang terlewat belum anda ketahui contohnya wacana rumus cara berpindah antar cell excel dibagian final tutorial ini.
Jika sebelumnya anda sudah membaca klarifikasi ihwal buku kerja (worksheet) dan lembar kerja (workbook) excel yang telah diulas sebelumnya , mengetahui penggalan ini akan lebih praktis lagi. Sebab pada penggalan tersebut Kelas Excel juga sudah sedikit menyinggung wacana pengertian ungkapan Row , Column , Cell dan Range pada microsoft excel.
Sebelum membicarakan wacana pengertian cell dan range kita bahas dahulu pengertian row dan column pada excel.
Pengertian ROW (Baris) Pada Excel
Pengertian Row yang dalam bahasa Indonesia di artikan selaku “Baris” yakni bagian dari worksheet yang melintang horisontal ke samping dan ditandai dengan nomor angka 1 ,2 ,3 hingga 1.048.576.
Pengertian COLUMN (Kolom) Pada Excel
Adapun Column dalam bahasa Indonesia di artikan selaku “Kolom” , adalah bab dari worksheet yang melintang vertikal ke atas dan ditandai dengan huruf A ,B ,C , dan seterusnya hingga XFD.
Perbedaan Baris dan Kolom Pada Microsoft Excel
Pada Excel 2003 jumlah row atau baris excel yang disediakan oleh excel hanya 65.536 saja.
Mulai versi excel 2007 , jumlah row atau baris pada microsoft excel yakni 1.048.576. Angka terakhir pada serpihan bawah worksheet sebelah kiri menawarkan jumlah baris yang disediakan oleh microsoft excel.
Sedangkan jumlah kolom Pada excel 2003 cuma hingga karakter IV atau 256 kolom saja , sedangkan pada versi excel 2007 ke atas jumlah Column atau kolom yang disediakan oleh microsoft excel hingga karakter XFD yang merupakan kolom ke-16.384.
Versi | Jumlah Baris | Jumlah Kolom |
---|---|---|
Excel 365 | 1.048.576 | 16.384 |
Excel 2019 | 1.048.576 | 16.384 |
Excel 2016 | 1.048.576 | 16.384 |
Excel 2013 | 1.048.576 | 16.384 |
Excel 2010 | 1.048.576 | 16.384 |
Excel 2007 | 1.048.576 | 16.384 |
Excel 2003 | 65.536 | 256 |
Excel 2002/XP | 65.536 | 256 |
Excel 2000 | 65.536 | 256 |
Excel 97 | 65.536 | 256 |
Excel 95 | 16.384 | 256 |
Excel 5 | 16.384 | 256 |
Dari penjelasan wacana pengertian kolom dan baris di atas telah terperinci bahwa perbedaan kolom dan baris selain dari bentuknya yang memanjang secara vertikal dan horisontal juga terletak pada jumlahnya.
Setelah menerangkan pengertian Row dan Column serta perbedaan baris dan kolom , Pada penggalan berikutnya kita akan membahas pemahaman Cell dan juga perihal pengertian Range pada microsoft Excel.
Pengertian Cell(Sel) Pada Excel
Apa yang dimaksud dengan cell atau sel pada microsoft excel?
Pengertian Cell yakni suatu kotak kecil pada worksheet yang merupakan titik pertemuan antara Row dan Column.
Makara konferensi antara baris dan kolom disebut dengan cell atau sel excel dalam perumpamaan Indonesia.
Sebuah sel excel umumnya diberi nama atau alamat sesuai dengan nama kolom dan nomor barisnya. Misalnya titik pertemuan antara kolom C dan baris nomor 5 disebut dengan Sel C5 , dengan kata lain Sel C5 yaitu sel excel yang berada di kolom C dan baris ke-5.
Nama atau alamat cell yang sedang aktif bisa anda lihat pada bagian formula kafetaria sebelah kiri yang disebut dengan namebox mirip yang nampak pada gamar di atas.
Pada excel 2003 ke bawah jumlah sel excel dalam suatu worksheet yakni 16.777.216. Sedangkan Pada Excel 2007 ke atas dalam suatu worksheet memuat 17 Milliar sel atau angka tepatnya 17.179.869.184 sel.
Pengertian Range (Rentang) Pada Excel
Apa yang dimaksud dengan range dalam excel?
Jika Cell yaitu konferensi antara Row dan Column atau konferensi Baris dan Kolom , maka RANGE atau dalam ungkapan Indonesia diartikan selaku rentang yakni kumpulan dari beberapa cell pada microsoft excel.
Jadi pemahaman Range yakni gabungan dari beberapa cell pada microsoft excel , baik dalam satu atau beberapa baris dan kolom.
Sekelompok Sel yang tergabung dan disebut dengan range disini bisa dalam satu baris , satu kolom , maupun beberapa baris dan kolom.
- Contoh range satu baris misalnya A1:F1.
- Contoh range satu kolom misalnya A1:A5.
- Contoh range beberapa kolom dan bari misalnya A1:F5.
Sebuah sel atau range pada worksheet excel bisa juga kita beri nama tertentu sehingga gampang untuk dikenang sesuai keperluan. Caranya bisa anda baca pada halaman berikut: Menamai Range Pada Excel.
Berpindah Antar Cell di Excel
Selain memakai mouse untuk mengaktifkan atau menentukan suatu sel kita dapat juga mengaktifkan atau berpindah antar sel dengan tombol-tombol pada keyboard.
Tombol shortcut pada keyboard yang mampu anda gunakan untuk berpindah antar sel didalam suatu worksheet antara lain:
SHORTCUT | FUNGSI |
---|---|
← , ↑ , → , ↓ | Pindah satu sel ke kiri , atas , kanan atau bawah |
Tab | Pindah satu sel ke kanan |
Shift + Tab | Pindah satu sel ke kiri |
Enter | Pindah satu sel ke bawah |
Shift + Enter | Pindah satu sel ke atas |
Ctrl + → | Pindah satu sel paling kiri pada kolom pertama |
Ctrl + ← | Pindah satu sel paling kanan pada kolom terakhir |
Ctrl + ↑ | Pindah satu sel paling atas pada baris pertama |
Ctrl + ↓ | Pindah satu sel paling bawah pada baris terakhir |
Home | Pindah ke kolom A |
Ctrl + Home | Pindah ke sel A1 |
PgUp | Pindah satu layar ke atas |
PgDn | Pindah satu layar ke bawah |
Alt + PgUp | Pindah satu layar ke kiri |
Alt + PgDn | Pindah satu layar ke kanan |
Ctrl + PgUp | Pindah ke worksheet selanjutnya |
Ctrl + PgDn | Pindah ke worksheet sebelumnya |
Selain memanfaatkan namebox kita juga bisa mengenali posisi baris atau kolom dengan fungsi excel. Silahkan anda pelajari pada bab berikut: Cara mengetahui Posisi serta Jumlah Baris dan Kolom pada Microsoft Excel
Demikian sedikit klarifikasi perihal pengertian row , column , cell dan range pada microsoft office excel. Selanjutnya silahkan pelajari beberapa bimbingan dasar excel berikut.
Sebelum pergi jangan lupa di Bookmark dan share artikel tutorial excel ini dengan tombol yang sudah tersedia di bawah. Salam Kelas Excel.
Berikut beberapa seri Tutorial Excel Dasar yang bisa anda pelajari:
- Pengenalan excel 1: Sejarah dan pemahaman microsoft excel
- Pengenalan excel 2: Manfaat memakai microsoft excel beserta kelebihan dan kekurangannya
- Bagian-bagian user interface microsoft excel beserta fungsinya
- Perbedaan workbook dan worksheet pada microsoft excel
- Pengertian row , column , cell dan range excel
- Ribbon pada microsoft excel
- Formula bar pada microsoft excel
- Quick access toolbar pada microsoft excel
- Status kafetaria pada microsoft excel
- Pengenalan rumus dan fungsi Excel
- Cara melaksanakan penjumlahan , penghematan , perkalian dan pembagian di excel
- Mengenal operator perkiraan excel
- Mengenal acuan adikara ($) pada microsoft excel
- Spesifikasi dan batasan microsoft excel