Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format/Manfaat Dari Sumifs Excel

Rumus SUMIFS excel: Cara penjumlahan bersyarat excel dengan banyak standar (Sumif dengan 2 tolok ukur atau lebih) memakai Fungsi SUMIFS Microsoft Excel



Fungsi/Rumus SUMIFS , Penjumlahan Dengan Banyak Syarat atau Kriteria pada Microsoft Excel


Fungsi/Rumus SUMIFS Excel itu untuk apa sih?


Untuk melakukan penjumlahan pada microsoft Excel Anda bisa menggunakan . Jika penjumlahan tersebut membutuhkan suatu syarat atau tolok ukur tertentu maka gunakanlah Fungsi SUMIF.


Sayangnya hanya menampung satu syarat saja. Lalu bagaiamana jikalau Anda perlu melakkan penjumlahan dengan banyak syarat atau standar tertentu (Rumus Sumif dengan 2 kriteria , 3 patokan atau lebih)?


Untuk melaksanakan penjumlahan dengan banyak syarat atau multi persyaratan , Microsoft Excel menyediakan sebuah fungsi khusus yaitu Fungsi SUMIFS.


Fungsi atau rumus Sumifs Adalah fungsi excel yang dipakai selaku rumus penjumlahan dengan banyak patokan atau untuk menjumlahkan nilai range yang menyanggupi beberapa syarat tertentu (satu kondisi atau lebih).


Tutorial Excel kami kali ini akan membahas perihal format menggunakan Fungsi Sumifs ini pada rumus excel.





Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS Excel


Fungsi SUMIFS tergolong dalam kelompok fungsi Math&Trig (Mathematics and Trigonometri). Fungsi ini dipakai untuk menjumlahkan nilai dalam suatu range yang menyanggupi banyak syarat atau patokan tertentu.


Sintaksis atau rumus penulisan fungsi SUMIFS yaitu :


SUMIFS(sum_range;criteria_range1; criteria1;[criteria_range2 , criteria2]; ...)

Keterangan:



sum_range


Argument ini diperlukan atau wajib ada. Yakni berupa rentang sel atau nilai-nilai yang hendak Anda jumlahkan.


criteria_range1


Argument ini merupakan suatu rentang sel yang akan diuji menurut criteria1


criteria1


Argument ini berisi syarat atau standar yang mau menetukan sel mana saja yang akan dijalankan penjumlahan. criteria_range1 dan criteria1 merupakan suatu pasangan syarat atau tolok ukur yang hendak dipraktekkan pada penjumlahan bersayarat.


[criteria_range2 , criteria2]


Argument ini merupakan pasangan syarat kedua dan bersifat opsional atau boleh tidak diisi sesuai keperluan.



Anda bisa memasukkan banyak pasangan syarat dengan menggunakan fungsi SUMIFS ini hingga batas tertentu.



Contoh Rumus SUMIFS Excel


Untuk lebih mengenali penggunaan fungsi ini seharusnya anda membuat suatu contoh tabel data mirip pola dibawah ini :


Contoh Rumus Excel Penjumlahan bersyarat Excel dengan Fungsi SUMIFS


Setelah membuat tabel data diatas amati penggunaan rumus SUMIFS Excel berikut :


Contoh Rumus Excel Penjumlahan bersyarat Excel dengan Fungsi SUMIFS


Keterangan:



  • Pada pola pertama Penjumlahan akan dikerjakan pada kolom JML PENJUALAN (F2:F9) dengan persyaratan Kolom Toko (B2:B9) yakni Toko A dan patokan kedua kolom JUDUL BUKU merupakan Buku AB. Baris yang memenuhi syarat tersebut yaitu baris dengan nomor dua (2) dan enam (6) sehingga jumlahnya yaitu 35.
  • Contoh kedua akan menjumlahkan JMLPENJUALAN dengan syarat Toko adalah Toko A dan harga buku lebih dari atau diatas Rp. 50.000 ,- Baris data yang menyanggupi standar tersebut adalah pada nomor 2 dan 6 sehingga jumlahnya yakni 35.
  • Contoh ketiga yakni menjumlahkn total buku pada Toko B untuk bulan Februari. jadinya dalah 25.
  • Contoh keempat menjulahkan total pendapatan untuk Buku AB pada bulan februari.



Hal Lain Yang Perlu DIperhatikkan Saat Menggunakan Fungsi SUMIFS Excel


Saat memakai rumus fungsi SUMIFS ada beberapa hal yang perlu Anda amati:



  • Jika anda bertujuan menciptakan persyaratan dengan teks secara eksklusif (Tidak merujuk/ berupa rujukan sel) pastikan teks tersebut diapit tanda petik ganda (“…”)
  • Anda bisa menggunakan tanda tanya (?) untuk mewakili satu karakter teks atau tanda bintang (*) untuk mewakili banyak abjad untuk persyaratan yang berbentukteks.
  • Titik koma (;) merupakan pemisah argument untuk regional setting Indonesia. Jika komputer anda memakai regional setting English , pemisah argument menggunakan koma( ,).


Pada rumus excel , Fungsi SUMIFS dipakai untuk menjumlahkan nilai-nilai sel. Jika anda bermaksud menghitung banyaknya sel yang menyanggupi tolok ukur tertentu maka gunakanlah rumus COUNTIF atau rumus COUNTIFS.
Pada postingan-postingan di blog ini saya menggunakan regional setting Bahasa Indonesia. Jika anda merasa perlu untuk melakukan adaptasi silahkan baca artikel ihwal format mengubah regional setting komputer.


Apabila membutuhkan bantuan untuk masalah-dilema penjumlahan bersyarat tertentu silahkan sampaikan di kolom komentar yang sudah ditawarkan.>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : Review Asus ROG Strix GA35 : Tampilan Simpel , PerformaPowerful


Baca Juga : Mungkankah Facebook Pindah Ke Visual Stu


Baca Juga : Xiaomi & Samsung Rilis Windows 10