Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faedah Dari/Format Countifs

Rumus COUNTIFS: Cara menjumlah jumlah data atau banyak data pada cell yang menyanggupi banyak patokan , syarat atau kondisi tertentu dengan memakai fungsi Countifs Excel



Fungsi Rumus COUNTIFS Excel Untuk Menghitung Jumlah Cell yang Memenuhi Banyak Kriteria


Rumus COUNTIFS Excel – Sebelumnya kita telah belajar ihwal fungsi COUNT dan fungsi COUNTIF excel. Pada halaman ini Kelas Excel akan membahas tentang bagaimana format memakai fungsi rumus COUNTIFS pada Excel untuk mengkalkulasikan banyak data atau sel yang menyanggupi banyak tolok ukur.




Jika mengharapkan mengkalkulasikan sel yang mengandung teks tertentu silahkan menuju halaman berikut: Rumus Menghitung Jumlah Data Yang Berisi Teks Tertentu


Pengertian FUngsi COUNTIFS Excel


Pada rumus excel , fungsi COUNTIFS dipakai untuk mengetahui jumlah data atau sel yang menyanggupi banyak persyaratan.


Menghitung jumlah cell yang dimaksud disini berlawanan dengan menjumlah memakai fungsi SUM atau variannya. Maksud menjumlah disini ialah mencacah atau menjumlah banyak cell yang mempunyai nilai atau isi sesuai dengan persyaratan tertentu. Dengan kata lain mengkalkulasikan banyaknya pemilik data.


Misalnya mengkalkulasikan jumlah cell yang berisi angka diatas 100 , mengkalkulasikan jumlah cell yang berisi teks tertentu dan lain sebagainya.


Jika anda bermaksud mengkalkulasikan jumlah cell yang berisi bilangan numeric atau angka maka gunakan yang telah kami bahas sebelumnya.


Untuk mengkalkulasikan jumlah cell yang hanya menyanggupi satu tolok ukur maka gunakan .
Adapun rumus mengkalkulasikan jumlah sel yang menyanggupi banyak syarat atau multi standar yakni dengan menggunakan fungsi COUNTIFS.


Rumus excel COUNTIFS ini bahu-membahu mirip dengan yakni sama-sama mengkalkulasikan jumlah cell pada sebuah rentang data (Data Range) yang menyanggupi persyaratan tertentu. Perbedaanya terletak pada jumlah patokan atau syarat cell yang mau dihitung atau dicacah.


Jika Fungsi COUNTIF cuma mengkalkulasikan Cell dengan syarat tunggal , fungsi COUNTIFS mampu menjumlah jumlah atau banyaknya cell yang menyanggupi lebih dari satu syarat atau persyaratan.


Cara Menggunakan Fungsi COUNTIFS Excel


Cara menggunakan fungsi countifs dalam rumus excel merupakan selaku berikut:


COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2; criteria2]…)

Keterangan:



criteria_range1


Sebuah rentang sel yang hendak dievaluasi menurut syarat tertentu (criteria1)


criteria1


Kriteria yang mau diterapkan pada rentang sel pertama (criteria_range1)


criteria_range2


Sebuah rentang sel kedua yang mau dievaluasi menurut syarat tertentu (criteria2)


criteria2


Kriteria yang mau diterapkan pada rentang sel pertama (criteria_range2)


Kriteria yang mau diterapkan pada fungsi ini bisa berupa angka , verbal , tumpuan sel , atau teks yang akan menentukan cell mana saja yang mau dihitung atau dicacah.


Contoh Rumus COUNTIFS Excel


Perhatikan tabel data berikut :


Contoh Menghitung jumlah cell dengan banyak  kriteria SUMIFS


Dari tabel diatas tuliskan rumus excel berikut pada cell A9:


=COUNTIFS(C2:C6;80;D2:D6;70)

Rumus excel diatas bernaksud mengkalkulasikan jumlah data siswa yang mempunyai nilai 80 pada kolom Nilai A dan mempunyai nilai 70 pada kolom Nilai B. Jumlah siswa yang menyanggupi persyaratan tersebut ada dua ialah nomor 1 dan 3.


Selanjutnya tuliskan rumus excel berikut pada cell A10 :


 =COUNTIFS(C2:C6;">70";D2:D6;">70")

Rumus excel ini mengkalkulasikan jumlah siswa yang menerima nilai lebih dari 70 untuk Nilai A dan lebih dari 70 juga untuk Nilai B. Siswa yang menyanggupi patokan tersebut ialah siswa nomor 1 dan nomor 5 jadil hasil rumus excel ini ialah 2.


Untuk kriteria berupa teks Anda bisa menambahkan karakter Tanda tanya (?) maupun bintang (*) mirip pada penggunaan fungsi-fungsi yang lain. Tanda tanya(?) mewakili 1 abjad teks sedangkan tanda bintang (*) mewakili banyak karakter teks.


Tanda tanya atau bintang ini lazimdisebut selaku karakter wilcard. Untuk contohnya mirip mirip yang telah saya umpamanya pada pembahasan rumus countif sebelumnya.
Untuk pola-acuan penggunaan yang lain silahkan bereksperimen :D. Jika menemui hambatan sampaikan di kolom komentar.


Khusus untuk mengkalkulasikan cell yang kosong atau tidak kosong Anda bisa menggunakan .
Selamat Belajar.>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : Yahoo Messenger Siap Berhenti Beroperasi Juli


Baca Juga : Windows 10 Insider Preview Build 17107


Baca Juga : Kalibrasi Baterai Laptop