Format Excel Sum
Rumus Excel SUM , pola dan format mengkalkulasikan data atau menjumlahkan angka di excel memakai fungsi SUM pada microsoft excel.
Rumus Excel SUM – Bagaimana rumus menjumlahkan di excel? Cara mengkalkulasikan di excel yang biasa dipakai yaitu dengan memakai Fungsi SUM.
Apa itu SUM dalam Excel?
Pada bimbingan ini , Anda akan mempelajari ihwal pengertian SUM , format memakai fungsi SUM , Beberapa pola penggunaan rumus SUM , serta hal-hal yang perlu Anda amati saat menggunakan rumus SUM pada office Excel.
Pengertian Fungsi SUM Excel
Sebelum terlalu jauh mari kita pelajari pemahaman fungsi Excel SUM apalagi dulu.
Fungsi SUM ialah fungsi excel yang dipakai untuk melaksanakan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang kita tentukan sebagai argumen.
Dengan kata lain kegunaan SUM pada excel yakni untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan.
Cara menghitung jumlah di excel dengan rumus SUM bisa berbentuk range , referensi sel , array , konstanta , rumus , atau hasil dari fungsi lain.
Fungsi ini merupakan salah satu fungsi excel yang paling banyak dimengerti dan dipakai oleh setiap pengguna microsoft Excel.
Pada Microsoft Excel , cara untuk menjumlahkan data yang Anda miliki tidak cuma bisa dikerjakan dengan Fungsi atau Rumus SUM saja. Beberapa alternatif lain cara penjumlahan di excel bisa Anda pelajari pada halaman berikut: Cara Menjumlahkan Data Di Excel.
Sedangkan untuk perkiraan aritmatika dasar lainnya (penjumlahan , pengurangan , pembagian dan perkalian) , silahkan menuju ke halaman berikut: Rumus Excel Penjumlahan , Pengurangan , Perkalian dan Pembagian
Lalu bagaimana cara menggunakan fungsi/rumus SUM excel untuk menjumlahkan angka yang kita pastikan?
Cara Menggunakan Fungsi
Bagaimana langkah langkah untuk menjumlah jumlah data dengan fungsi sum pada microsoft excel?
Fungsi sum pada microsoft excel digunakan untuk menjumlahkan angka. Cara menggunakan fungsi sum untuk melaksanakan penjumlahan di excel yakni selaku berikut:
SUM(angka1;[angka2];...)
Keterangan Sintaksis fungsi SUM Excel
- SUM
- Nama fungsi excel untuk menjumlahkan di excel
- angka1
- Argumen angka pertama yang ingin kita jumlahkan.
- angka2
- (Opsional) Argumen angka lain yang ingin kita tambahkan. Maksimal hingga 255 Argument
Contoh Rumus SUM Excel
Silahkan amati beberapa teladan fungsi SUM di excel berikut ini :
Contoh Rumus SUM Excel 1
Pada pola pertama diatas rumus sum yang dipakai pada cell C3 yakni:
=SUM(A2;A3;A4;A5;A6)
Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai pada sel A2 , A3 , A4 , A5 dan A6. Hasilnya yaitu 360.
Selain memakai rumus diatas , Anda juga mampu menjumlahkan range A2:A6 seperti diatas dengan rumus SUM mirip ini:
=SUM(A2:A6)
Rumus excel diatas menjumlahkan setiap nilai sel pada range A2:A6. Hasilnya yaitu 360.
Pada rumus sum pertama kita menggunakan setiap rujukan cell selaku argumen fungsi SUM. Sedangkan pada rumus kedua kita menggunakan argument berupa tumpuan Range.
Contoh Rumus SUM Excel 2
Pada pola ke-2 ini rumus sum dipakai untuk melaksanakan penjumlahan range yang berlainan kolom.
=SUM(A2:A6;B2:B6)
Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai sel yang ada di dua range berlainan merupakan A2:A6 dan B2:B6. Hasilnya yakni 710.
Jika range-range yang berbeda ini tidak terpisah oleh kolom lain anda juga bisa melaksanakan penjumlahan dengan rumus mirip ini:
=SUM(A2:B6)
Rumus diatas melaksanakan penjumlahan setiap nilai sel yang ada range A2:B6. Hasilnya dalah 710.
Contoh Rumus SUM Excel 3
Selain melaksanakan penjumlahan nilai angka pada suatu sel atau range data. Fungsi SUM juga bisa dipakai untuk menjumlahkan nilai dari hasil fungsi atau rumus excel lainnya.
Pada Cell D3 di atas , rumus excel yang digunakan ialah:
=SUM(MAX(A2:A6);MAX(B2:B6))
Pada rumus excel diatas Fungsi MAX dipakai untuk mencari nilai tertinggi dari suatu sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai optimal (Tertinggi) pada range A2:A6 dengan nilai optimal (Tertinggi) pada range B2:B6. hasilnya yakni 200+100 = 300
Pada rumus kedua pada cell D4 , rumusnya:
=SUM(MIN(A2:A6);MIN(B2:B6))
Pada rumus diatas Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai paling rendah dari suatu sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai minimal(paling rendah) pada range A2:A6 dengan minimal(terendah) pada range B2:B6. risikonya yakni 25:50 = 75
Catatan Dalam Menggunakan Fungsi SUM
Saat memakai fungsi SUM pada suatu rumus excel , ada beberapa hal yang perlu Anda amati.
Jika argumen pada fungsi SUM adalah array atau rujukan sel/range , cuma nilai angka di dalam array atau rujukan itu yang dihitung. Sel kosong , nilai nalar , atau teks dalam array atau pola diabaikan.
Perhatikan contoh rumus fungsi SUM berikut:
Jika argumen yakni nilai kesalahan , atau suatu teks yang tidak mampu diterjemahkan menjadi angka , Microsoft Excel akan menampilkan pesan error.
Bagaimana bila menghendaki menjumlahkan data dengan standar atau syarat tertentu?
Untuk melaksanakan penjumlahan atau menambahkan nilai angka dengan syarat atau tolok ukur tertentu maka gunakanlah fungsi SUMIF atau SUMIFS.
Demikian pembahasan tips memakai fungsi SUM Excel kali ini. Semoga berguna.>> Gabung Telegram Channel <<