Dcount
Contoh dan cara memakai fungsi database excel : Fungsi DSum , Fungsi DAverage , Fungsi DMax , Fungsi DMin , Fungsi DCount dan Fungsi DCounta pada rumus excel
Fungsi/Rumus Database Excel – Meskipun fungsi utama office excel bukanlah untuk pengelolaan database , tetapi bukan bermakna excel tidak dapat digunakan untuk kebutuhan tersebut. Terlebih excel sendiri secara default telah menyediakan beberapa fungsi database khusus yang bisa dipergunakan untuk pengelolaan suatu database.
Database sendiri dapat diartikan selaku sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau hukum tertentu yang saling berelasi/terkait sehingga bikin lebih simpel pengguna untuk mengelola dan mendapatkan info yang diharapkan.
Pada Office Excel database merupakan:
sekelompok data pada range data atau rentang sel tertentu yang saling terkait serta sudah disusun sedemikian rupa dimana baris pertama berisi Label untuk masing-masing kolom yang disebut selaku Field (Bidang Data) dan baris-baris selanjutnya biasa disebut selaku Record (Rekaman data).
Membaca perumpamaan field pastinya sudah tidak ajaib lagi kalau sebelumnya anda sudah membaca tutorial excel kami wacana Pivot Table.
Setidaknya ada 12 fungsi yang dikategorikan selaku Fungsi Database Excel atau sering juga disebut sebagai Fungsi D , fungsi-fungsi excel tersebut antara lain:
- Fungsi DSUM
- Fungsi DAVERAGE
- Fungsi DMAX
- Fungsi DMIN
- Fungsi DCOUNT
- Fungsi DCOUNTA
- Fungsi DGET
- Fungsi DPRODUCT
- Fungsi DSTDEV
- Fungsi DSTDEVP
- Fungsi DVAR
- Fungsi DVARP
Pada bimbingan excel kali ini anda akan kami ajak untuk belajar 6 fungsi Database. Sebagian yang lain akan kita pelejari lain waktu. Fungsi-fungsi excel dimaksud ialah Fungsi DSUM , DAVERAGE , DMAX , DMIN , DCOUNT , dan fungsi DCOUNTA.
Sepintas fungsi-fungsi ini memang mirip dengan Fungsi Statistik biasa lainnya yang sudah pernah kita diskusikan. Namun , fungsi ini mempunyai keistimewaan tertentu yang memang dikhususkan dalam hal pengelolaan database , sementara fungsi statistik umum dipakai pada pengelolaan range atau rentang data secara biasa .
Cara Menggunakan Fungsi Database Excel
Secara biasa cara menggunakan fungsi database excel ini sama ialah memakai sintaksis berikut:
NAMA_FUNGSI(Database; Field; Kriteria)
Yang membedakan hanyalah nama fungsi yang mau dipakai untuk menerima hasil tertentu sesuai dengan fungsinya. Kegunaan masing-masing fungsi excel ini akan diterangkan lebih lanjut pada bagian selanjutnya.
Keterangan Syntax Fungsi Database
Seperti yang dapat anda baca pada cara penggunaan di atas , fungsi Database menggunakan 3 argumen: Database , Field dan Kriteria.
- Database: Merupakan range data atau rentang sel yang membentuk sebuah daftar atau database tertentu yang mau kita agregasi alhasil.
- Field: Menunjukkan Field atau kolom mana yang mau di agregasi atau digunakan oleh fungsi database ini. Argumen ini bisa kita isi dengan Label atau nama field , mampu juga anda isi dengan angka tertentu yang menyampaikan nomor urut posisi field tersebut pada kolom-kolom database dari arah kiri. Misal angka 1 menyampaikan kolom atau field pertama dan angka 2 menunjukkan field atau kolom kedua dalam Database.
- Kriteria: Adalah rentang sel atau range data lain yang berisi standar atau syarat tertentu yang Anda pastikan sebagai teladan agregasi dalam fungsi database. Kriteria ini setidaknya menampung 2 baris data dimana baris pertama berisi Label data yang serupa persis dengan Label field pada database dan baris-baris selanjutnya merupakan contoh persyaratan , syarat atau kondisi tertentu yang akan kita terapkan.
Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan untuk membicarakan pola dan cara memakai masing-masing fungsi Database excel yang sudah aku sebutkan sebelumnya.
Namun sebelum itu amati bahwa dalam pembahasan di bawah ini kami memakai sumber database selaku berikut. Untuk itu sebaiknya anda juga ikut membuat sample file menyerupai dibawah ini:
Fungsi DSUM Excel
Fungsi atau Rumus DSUM digunakan untuk mendapatkan jumlah data pada suatu field database yang menyanggupi standar tertentu. Secara biasa fungsi DSUM kegunaanya identik dengan fungsi SUMIF atau fungsi SUMIFS yang sudah pernah kita bahas sebelumnya dan sedikit bertentangan dengan fungsi SUM yang dipakai untuk menjumlah total penjumlahan tanpa tolok ukur.
Bagaimana cara menggunakan fungsi DSUM excel ini? Perhatikan dan praktekkan teladan rumus DSUM berikut ini.
Cara Menggunakan Fungsi DSUM
Perhatikan teladan database pegawai di atas. Database pegawai tersebut memuat beberapa field , yakni ID , Nama , Kelamin , Tanggal Lahir , Umur dan Gaji yang disusun pada range B2:G10.
Dari susunan database di atas , berapakah jumlah total honor pegawai yang berumur lebih dari 30 tahun?
Untuk mendapatkan jumlah gaji pada database tersebut buatlah terlebih dulu suatu range patokan yang memuat Label “UMUR” dan standar/syarat yang hendak dipraktekkan. Pada pola rumus Dsum ini persyaratan ditaruh pada range I2:I3.
Adapun Rumus DSUM yang digunakan untuk mendapatkan hasil sesuai tolok ukur diatas yakni sebagai berikut:
=DSUM(B2:G10;"GAJI";I2:I3)
Apabila anda telah sudah biasa menggunakan advanced filter saya yakin anda tidak akan kesulitan memahami cara menggunakan Rumus DSUM atau rumus-rumus database excel ini. Penerapan patokan pada rumus database memang mirip dengan penerapan persyaratan pada fitur advanced filter yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.
Fungsi DAVERAGE Excel
Fungsi atau Rumus DAVERAGE digunakan untuk menjumlah nilai rata-rata pada sebuah field database yang sempurna dengan kondisi atau standar tertentu. Rumus DAVERAGE dalam golongan fungsi statistika seperti dengan fungsi AVERAGEIF atau fungsi AVERGAEIFS yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya.
Cara Menggunakan Fungsi DAVERAGE
Dengan sumber database yang serupa jikalau anda menginginkan rata-rata honor untuk pegawai laki-laki (L) saja maka Rumus DAVERAGE yang dipakai yakni menyerupai di bawah ini:
=DAVERAGE(B2:G10;"GAJI";I2:I3)
Pada pola rumus DAverage diatas I2:I3 memperlihatkan range patokan yang mana pada Sel I2 berisi teks “KELAMIN” sesuai dengan label field jenis kelamin pada database sedangkan I3 berisi teks “L” yang memperlihatkan tipe/jenis kelamin pada database yang mau dijumlah nilai rata-ratanya.
Fungsi DMAX Excel
Kalau fungsi MAX digunakan untuk mendapatkan nilai nilai maksimum dari suatu range data secara biasa , fungsi DMAX pada excel digunakan membuat nilai angka terbesar field record sebuah database yang sesuai dengan syarat atau tolok ukur yang anda pastikan.
Cara Menggunakan Fungsi DMAX
Contoh rumus DMax Misalnya digunakan pada database diatas untuk mengetahui usia tertinggi untuk pegawai Laki-laki , rumus DMAX yang digunakan adalah:
=DMAX(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Seperti sebelumnya jangan lupa menyesuaikan range persyaratan yang dipakai.
Pada dasarnya anda bebas meletakkan range tolok ukur ini pada worksheet mana saja , cuma saja lazimnya jangan ditaruh dibawah database. Sebab secara biasa record suatu database akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.
Fungsi DMIN Excel
Kebalikan dari fungsi DMAX , fungsi DMIN pada excel digunakan menciptakan nilai angka terkecil field record suatu database yang sesuai dengan syarat atau tolok ukur yang anda tentukan. Sama dengan fungsi MIN yang dipakai untuk memperoleh nilai minimum suatu range angka tanpa patokan tertentu.
Cara Menggunakan Fungsi DMIN
Misalnya untuk mengetahui pegawai wanita termuda dan tercanti pada databse diatas (ehh tanpa tercantik ya) yakni dengan memakai rumus DMIN excel menyerupai berikut ini:
=DMIN(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Pada pola rumus DMin di atas nilai umur atau usia pegawai terkecil yang dihasilkan merupakan 22 Tahun untuk jenis kelamin perempuan.
Fungsi DCOUNT Excel
Mirip dengan fungsi Count yang digunakan untuk mengkalkulasikan sel-sel dalam range data yang berisi angka , fungsi DCOUNT pada excel juga digunakan untuk mengkalkulasikan sel yang berisi angka dalam database , namun dengan persyaratan tertentu. Makara bahu-membahu fungsi ini lebih mirip dengan fungsi Countif atau fungsi countifs dalam pembagian terstruktur mengenai fungsi statistik.
Cara Menggunakan Fungsi DCOUNT
Contoh fungsi Dcount excel ini misalnya untuk mengetahui jumlah data pada field umur yang berisi angka untuk pegawai yang mendapatkan gaji diatas 1.500.000 rumus excel yang dipakai yakni:
=DCOUNT(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Fungsi DCOUNTA Excel
Fungsi DCOUNTA pada excel dipakai untuk menjumlah jumlah sel yang tidak kosong dalam database yang menyanggupi standar tertentu yang kita tetapkan.
Apabila anda sering menggunakan fungsi COUNTA niscaya tidak akan gila lagi dengan fungsi database satu ini.
Cara Menggunakan Fungsi DCOUNTA
Pada database di atas untuk mengenali jumlah file atau sel-sel pada field “KELAMIN” yang tidak kosong (ada isinya) Dengan syarat bahwa pegawai tersebut memperoleh gaji di atas 1.500.000 maka rumus DCOUNTA yang bisa digunakan yakni sebagai berikut:
=DCOUNTA(B2:G10;"KELAMIN";I2:I3)
Untuk lebih gampang dalam penulisan rumus range database maupun range standar di atas bisa juga anda beri nama. Panduannya bisa anda baca pada halaman berikut: Cara Menggunakan Named Range Excel.
Contoh-contoh pada pembahasan fungsi database di atas masih menggunakan 1 tolok ukur , barangkali anda lalu akan bertanya bagaimana kalau tolok ukur yang ingin kita menetapkan lebih dari satu? Untuk pembahasan pneggunaan fungsi Database dengan banyak patokan akan kita pelajari pada pembahasan selanjutnya: Cara Menggunakan Rumus Database Excel Dengan Banyak Kriteria.
Soo tetap dukung “Kelas Excel” dengan share postingan-postingan bimbingan pada Blog ini sehingga akan lebih banyak mitra-kawan lain yang ikut mendapatkan manfaatnya. Juga dengan cara ketik “KA E EL A ES E Ex CE E El” dan kirim ke 95151 ehhh… 🙂>> Gabung Telegram Channel <<