Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Dan 00 Kiat Memakai Faedah Dari Choose Pada Cara Excel

Fungsi/rumus choose excel , Contoh dan cara menggunakan fungsi choose pada excel.



Contoh dan cara menggunakan fungsi CHOOSE pada excel


Fungsi CHOOSE Excel


Pada seri bimbingan Ms. Excel kali ini akan dibahas wacana format menggunakan Fungsi CHOOSE pada excel , serta pola penggunaan Rumus CHOOSE pada excel.


Pada microsoft excel , fungsi CHOOSE tergolong dalam klasifikasi lookup & Refference. Fungsi choose dipakai untuk memilih salah satu nilai dari sekumpulan argument nilai yang diberikan berdasarkan nomor indeks atau urutan tertentu.


Sekilas fungsi ini memang seperti dengan fungsi INDEX pada excel , yakni sama-sama menciptakan nilai berdasarkan info index number tertentu. Hanya saja , index number pada fungsi index merupakan info nomor kolom dan atau baris , sedangkan pada fungsi choose index number merupakan nomor urut dari list argument nilai atau range yang diberikan.


Untuk lebih jelasnya mari kita lanjut ke formula penulisan fungsi choose serta contoh penggunaan fungsi choose pada microsoft excel.



Cara Menggunakan Fungsi CHOOSE Excel


Cara penulisan fungsi choose pada excel yakni sebagai berikut:


CHOOSE(IndexNumber; Nilai1; [Nilai2]; ...)

Keterangan:



  • IndexNumber: Argument IndexNumber ini wajib diisi , yakni berupa angka , rumus , atau rujukan sel yang berinilai angka antara 1-154
  • Nilai1; [Nilai2]; …: Argument ini mampu berbentukangka , referensi sel , nama terdefinisi , rumus excel , fungsi , atau teks.

    Setidaknya mesti ada 1 nilai pada argument ini. Argument-argument inilah yang nantinya akan dipilih dan dihukum berdasarkan berita IndexNumber.




Contoh Rumus CHOOSE Excel


Untuk lebih mengerti bagaimana cara menggunakan fungsi Choose Excel , silahkan pelajari beberapa teladan soal fungsi choose excel berikut.


Contoh Rumus Choose 1



=CHOOSE(3;"Nilai 1";"Nilai 2";"Nilai 3";"Nilai 4")

Rumus diatas menciptakan nomor index 3 dari urutan argument nilai: “Nilai 1″;”Nilai 2″;”Nilai 3″;”Nilai 4”. Hasilnya ialah : Nilai 3. Teks “Nilai 3” berada pada posisi nomor urut 3 dari nilai-nilai argument yang diberikan.


Contoh Rumus Choose 2


Contoh penggunaan CHOOSE pada excel 1


=SUM(CHOOSE(2;A2:A6;B2:B6;C2:C6))

Rumus diatas akan menjumlahkan range B2:B6. Hasilnya merupakan : 90


Contoh Rumus Choose 3


Contoh penggunaan CHOOSE pada excel 2


=SUM(A1:CHOOSE(3;A6;B6;C6))

Rumus diatas akan melaksanakan fungsi SUM atau penjumlahan untuk range A1:C6. Hasilnya yaitu: 260.


Catatan Dalam Menggunakan Fungsi CHOOSE Pada Excel


Dalam menggunakan fungsi atau rumus Choose excel , beberapa hal berikut harus anda perhatikan:



  1. Jika IndexNumber bernilai nol(0) , negatif atau lebih besar dari jumlah Index nilai maka akan membuat pesan Error atau kesalahan #VALUE!

    Contoh penggunaan CHOOSE pada excel 3


    Pada teladan rumus choose diatas angka index maksimal yang seharusnya ialah 2 , alasannya yaitu cuma di nilai argument yang diberikan. Ketika argument index number bernilai 3 maka akan menciptakan pesan kesalahan #VALUE!.


    Penjelasan lebih lanjut wacana pesan kesalahan/error pada excel mampu anda baca pada artikel: Mengenal 7 Jenis / Tipe Pesan Error pada Rumus Excel


  2. Jika IndexNumber bernilai penggalan maka akan dibulatkan ke bawah mendekati nilai bundar terdekat.

    Contoh penggunaan CHOOSE pada excel 4


    Nilai bagian 2 ,6 pada rumus choose diatas dianggap menjadi bilangan bulat 2. sehingga fungsi SUM cuma memeriksa range B2:B6 yang karenanya ialah 90.


  3. Jika IndexNumber berupa Array , maka setiap nilai pada array tersebut akan dievaluasi dengan fungsi CHOOSE.

    Contoh penggunaan CHOOSE pada excel 5


    Pada Kasus pola fungsi CHOOSE diatas index number berupa array: 23. dalam persoalan diatas setiap index number akan dievaluasi sehingga fungsi SUM akan menjumlahkan range B2:B6 dan C2:C6 , hasilnya 190.



Pemisah array dalam format regional Indonesia dan english sedikit berlainan. dalam contoh diatas saya memakai setting regional Indonesia.


Penjelasan tantang formula mengontrol regional setting ini mampu anda pelajari pada postingan: Cara Mengatur serta Perbedaan Regional Setting Komputer Dalam Belajar Rumus ExcelDalam prakteknya fungsi CHOOSE ini bisa kita manfaatkan untuk menyiasati kekurangan fungsi VLOOKUP yang tidak mampu mengambil data di sebelah kiri. Panduannya mampu anda pelajari pada halamanberikut: 5 Cara Vlookup Data Ke Arah Kiri Dengan Rumus Excel
Demikian sedikit yang bisa saya bagikan perihal cara memakai fungsi CHOOSE Excel ini. semoga berguna.>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : Cek Tipe Hp Samsung


Baca Juga : Baru Twitter Windows 10 Dan Windows 10 Mobile Meny


Baca Juga : Microsoft Team Team Windows Merilis Prog