4 00 Format Mudah Membuat Nomor Urut “Impulsif” Dengan Microsoft Excel
Beberapa format gampang dan efektif menciptakan penomoran otomatis (auto numbering) atau nomor urut otomatis pada microsoft Excel
Cara menciptakan nomor urut di Excel – Ketika kita membuat suatu tabel data , membuat nomor urut yakni sesuatu yang umum kita kerjakan. Untuk membuat nomor urut bisa kita kerjakan dengan mengetikkan angka satu persatu pada sel tertentu yang kita kehendaki.
Cara membuat nomor urut seperti ini pasti sungguh mudah , tetapi bagaimana kalau tabel data yang kita buat memiliki ribuan baris atau record?
Ada banyak formula lain selain mengetikkan angka satu persatu secara manual mirip keterangan diatas. Pada artikel bimbingan excel kali ini saya akan membahas beberapa format lain yang bisa kita kerjakan untuk bikin penomoran otomatis pada microsoft excel.
Setidaknya ada 4 Cara yang bisa kita kerjakan untuk membuat penomoran pada microsoft Excel. Berikut beberapa rumus yang dapat kita lakukan untuk menciptakan penomoran otomatis.
1. Membuat Nomor Urut Manual
Cara membuat penomoran yang pertama yaitu dengan format menuliskan urutan angka satu persatu secara manual. Mengetikkan angka secara manual seperti ini mampu dibilang rumus yang paling dasar dan gampang. Namun demikian tips ini tergolong format yang sering saya hindari. kenapa? coba bayangkan saja jika nomor urut data yang kita buat berjumlah ribuan.
Cara bikin nomor urut secara manual mirip ini semestinya anda tinggalkan. Alternatifnya yakni rumus kedua dibawah ini.
2. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Autofill Excel
Cara kedua ialah dengan memakai fitur autofill pada microsoft excel. Membuat nomor urut otomatis dengan mempergunakan fitur autofill excel ini cukup mudah. Kita cukup membuat satu dua nomor selaku awalan kemudian kita cukup dragging ke bawah atau ke arah yang kita harapkan.
Cara seperti ini merupakan format yang sering digunakan oleh pengguna excel dalam membuat penomoran otomatis pada microsoft excel. Untuk tindakan detailnya sudah aku bahas pada postingan bimbingan excel terdahulu dengan judul “Belajar Menggunakan Auto Fill Data pada Microsoft Excel“.
Menggunakan autofill excel sungguh efektif kalau nomor urut yang kita buat cuma berkisar puluhan atau ratusan. Jika jumlah data yang mau kita beri nomor urut ribuan , berdasarkan saya tips ini kurang efektif.
Masih adakah tips yang lain? ya , bila anda bermaksud menciptakan nomor urut berjumlah ribuan gunakan formula nomor tiga.
3. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Menu Fill Excel
Jika record atau baris tabel data yang hendak kita buat berjumlah ribuan saya sarankan menggunakan tips ini untuk membuat penomoran otomatis.
Lalu bagaimana tindakan bikin penomoran otomatis dengan sajian fill excel ini? ikuti format bikin penomoran otomatis dengan hidangan fill berikut:
- Tuliskan secara manual nomor permulaan (pertama) penomoran yang mau kita buat. Dalam contoh ini saya menuliskan angka 1 (satu) pada cell A2. Kemudian Pilih/ Select cell A2 tersbut.
- Pilih Tab Home--Group Editing--Fill--Series... mirip gambar berikut
- Muncul Option Box Series
- Jika penomoran otomatis yang akan kita buat ke arah bawah atau dalam satu kolom maka seleksilah Columns. Sebalikanya pilihlah Rows jika penomoran yang mau kita buat ke arah kanan. Pada teladan ini aku pilih Columns.
- Pada kepingan type seleksilah Linear
- Pada belahan Step Value isilah penambahan pada setiap urutan penomoran. Defaultnya yakni 1.
- Pada kepingan Stop Value isilah nomor terakhir yang kita kehendaki misalnya 1000.
- Klik OK dan lihat kesannya.
Dengan formula ini membuat penomoran sammpai ribuan atau jutaan niscaya sangatlah simpel. Tentunya lebih efektif daripada menggunakan autofill seperti tips kedua.
Ehh sudah tahu berapa jumlah kolom dan baris maksimal Microsoft Office? Jangan sampai salah mengisi Stop value melebihi batas-batas kemampuan Excel. Baca Artikel “Spesifikasi dan Batasan Microsoft Excel” untuk mengetahuinya.
Jika nomor urut yang kita inginkan menurut syarat atau tolok ukur tertentu bagaimana formula menjadikannya? Ikuti rumus berikutnya.
4. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Rumus Excel
Selain dengan ketiga tips diatas masih ada cara lain untuk menciptakan penomoran otomatis pada microsft excel. Cara keempat ini ialah dengan menggunakan rumus-rumus excel.
Rumus excel yang sering digunakan untuk penomoran otomatis antara lain fungsi IF , COUNT , COUNTA , ROW dan lain-lain sesuai keperluan.
Fungsi-fungsi Excel ini bisa digunakan untuk bikin sebuah rumus excel untuk bikin penomoran otomatis berdasarkan patokan tertentu. Misalnya nomor pada kolom A akan muncul bila kolom B ada isinya.
Sebagai teladan masukkan rumus excel berikut pada cell A2:
=IF(B2="";"";ROW()-1)
Kemudian copy-paste rumus tersebut ke sel-sel lain dibawahnya.
Dengan rumus diatas maka kolom A akan otomatis terisi nomor urut bila pada kolom B ada isi atau kita tuliskan data tertentu , misal nama seseorang pada teladan diatas.
Khusus untuk penomoran dengan rumus excel ini , mengenang beragamnya keperluan aku diskusikan tersendiri pada artikel berikut: Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel
Barangkali anda punya masalah dengan penomoran otomatis excel ini. Sampaikan dikolom komentar pada bagian bawah postingan ini. Lain waktu akan saya buatkan tutorialnya.
Akhirnya formula membuat nomor otomatis yang mana yang anda pilih? Atau sahabat punya alternatif lain? Beritahu saya kalau ada. Saya juga masih mencar ilmu sob …
Berikut beberapa panduan terkait Sort & Filter di excel:
- Cara menggunakan AutoFilter excel
- Cara memakai Advanced Filter excel
- Cara memperlihatkan hasil filter di sheet lain dengan Advanced Filter
- Cara menawarkan hasil filter hanya untuk kolom tertentu dengan Advanced Filter
- Cara Mengurutkan Data di Excel
- 4 Cara membuat nomor urut otomatis di excel
- Rumus menciptakan nomor urut otomatis di excel
- Cara mengacak urutan angka di excel
- Cara mengurutkan ranking secara otomatis
Jangan lupa simpan atau bagikan halaman ini. Makara sewaktu-waktu anda lupa bisa secepatnya membuka kembali bimbingan excel ini.>> Gabung Telegram Channel <<