Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

00 Format Mencari Nilai Terendah Dan Tertinggi Pada Microsoft Excel

Fungsi/Rumus MIN-MAX: Cara mencari nilai tertinggi dan paling rendah di excel dari sejumlah data angka menggunakan Fungsi MIN dan Fungsi MAX pada Microsoft Excel.



Cara Menggunakan Fungsi MIN dan MAX Pada Microsoft Excel


Pada microsoft excel cara untuk mencari nilai tertinggi dan paling rendah ialah dengan memakai fungsi MAX dan fungsi MIN.


Fungsi MAX yakni fungsi excel yang digunakan untuk memutuskan nilai tertinggi (angka maksimum) dari sekumpulan nilai atau untuk menemukan nilai paling besar dari sejumlah data.


Sedangkan Fungsi MIN merupakan fungsi excel yang dipakai untuk memilih nilai terendah (angka minimum) atau untuk mengetahui nilai terkecil dari sejumlah data dalam bentuk angka.


Lalu bagaimana cara menggunakan kedua fungsi excel ini?




















Fungsi/Rumus ExcelKeterangan
MAXFungsi/Rumus untuk mencari nilai tertinggi
MINFungsi/Rumus untuk mencari nilai paling rendah


Fungsi MAX Excel


Fungsi MAX dipakai untuk mencari nilai/angka paling tinggi dari sekumpulan data.


Cara Menggunakan Fungsi Max Excel


Pada rumus excel cara penulisan fungsi MAX merupakan selaku berikut:


MAX(Number1; [Number2]; ...)

Keterangan sintaks:



Number1


Merupakan sekumpulan angka , nama range , array , atau teladan sel yang berisi angka-angka yang kita ingin cari nilai tertinggi atau maksimumnya.


[Number2] , …


(Opsional) Angka , nama range , array atau rujukan sel lain yang akan kita ikutkan untuk dicari nilai paling terbesarnya. Maksimal kita bisa menambahkan hingga 255 argumen pada fungsi Max ini.



Contoh Rumus Max Excel


Contoh Fungsi MAX Excel


Pada gambar diatas untuk mencari nilai tertinggi pada range A2:A10 yakni dengan memakai rumus excel:


=MAX(A2:A10)

Pada range tersebut , nilai tertingga ialah 95.


Fungsi MIN Excel


Fungsi MIN dipakai untuk mencari nilai/angka paling rendah dari sekumpulan data.


Cara Menggunakan Fungsi MIN Excel


Pada rumus excel cara penulisan fungsi MIN adalah selaku berikut:


MIN(Number1; [Number2]; ...)

Keterangan sintaks:



Number1


Merupakan sekumpulan angka , nama range , array , atau rujukan sel yang berisi angka-angka yang kita ingin cari nilai paling rendah atau nilai terkecilnya.


[Number2] , …


(Opsional) Angka , nama range , array atau pola sel lain yang mau kita ikutkan untuk dicari nilai paling kecilnya. Paling banyak kita bisa menyertakan hingga 255 argumen pada fungsi Min ini.



Contoh Rumus Min Excel


Contoh Fungsi MIN Excel


Pada pola gambar diatas untuk mencari nilai paling rendah pada range A2:A10 yakni dengan memakai rumus excel:


=MIN(A2:A10)

Seperti yang tampakdi pola gambar bahwa nilai teredah pada range A2:A10 yakni 60.


Contoh dan Cara Menggunakan Rumus MIN & MAX Pada Excel


Pada dikala menggunakan fungsi MIN dan MAX pada rumus-rumus excel , Jika argumen pada fungsi MIN atau MAX tidak berisi angka , maka fungsi MAX atau MIN pada excel akan menghasillkan nilai 0 (nol). Perhatikan teladan gambar berikut:


Contoh Rumus Min dan MAX Excel Menghasilkan Nilai 0


Jika argumen berbentukarray atau rujukan sel , maka cuma angka dalam array atau tumpuan sel tersebut yang digunakan. Sel kosong (Blank Cells) , nilai logika (TRUE/FALSE) , atau teks di dalam array atau teladan sel akan diabaikan.


Contoh Rumus Min dan MAX Excel Mengabaikan Blank Cells dan Nilai Logika


Pada contoh diatas sel kosong dan nilai logika diabaikan dikala memakai fungsi MAX dan MIN.


Keterangan diatas tidak berlaku jikalau nilai akal atau teks yang merepresentasikan angka kita tulis secara eksklusif ke dalam daftar argumen fungsi MIN atau MAX.


Jika kita tuliskan secara manual ke dalam argumen maka nilai nalar dan teks yang merepresentasikan angka akan ikut dijumlah dalam mendapatkan nilai paling rendah atau tertinggi.


Perhatikan penggunaan rumus Min dan Max pada teladan gambar berikut:


Contoh Rumus MAX dan MIN Excel Mengabaikan Teks dan Nilai Logika


Pada teladan diatas rumus MIN pertama:


=MIN(C2:C10)

dan rumus MAX pertama:


=MAX(C2:C10)

Pada kedua rumus excel diatas , mirip dalam pola nilai akal TRUE(1) dan FALSE(0) diabaikan oleh fungsi MIN excel maupun fungsi MAX Excel. begitu juga dengan angka dalam format teks. Sehingga dihasilkan nilai paling rendah ialah 60 dan nilai tertinggi yakni 95.


Namun pada rumus MIN kedua:


=MIN(60;70;75;TRUE;95;"100";70;60;90)

dan rumus MAX kedua :


=MAX(60;70;75;TRUE;95;"100";70;60;90)

Nilai logika (TRUE/FALSE) dan Teks representasi angka (“100”) tidak diabaikan oleh fungsi Min dan Max. Sehingga pada rumus kedua nilai paling rendah yang didapat yakni 1 (True) , sedangkan nilai tertinggi yang dihasilkan adalah 100.


Pada rumus excel angka yang ditulis di apit oleh tanda petik ganda (“…”) akan dianggap sebagai teks. Begitu pula angka yang diketik pada sel dan diawali dengan tanda petik tunggal (‘123) akan dianggap sebagai teks.
Hal lain yang perlu diamati saat menggunakan rumus Min atau rumus Max pada microsoft excel , Jika terdapat nilai kesalahan (Error Value) pada argumen fungsi min atau max maka rumus ini akan menghasilkan pesan error atau nilai kesalahan juga.


Begitu pula bila ada teks yang ditulis eksklusif (manual) dan tidak bisa diterjemahkan menjadi angka. Hal ini akan menjadikan kedua fungsi ini menghasilkan nilai kesalahan juga.


Perhatikan teladan-teladan penggunaan fungsi MIN maupun fungsi MAX excel berikut:


Contoh Rumus MAX dan MIN Excel Menghasilkan Pesan Error


Lalu bagaimana bila nilai Minimum atau Maximum ini ada standar atau syaratnya? Untuk penggunaan fungsi MIN dan MAX dengan tolok ukur atau syarat tertentu bisa di pelajari pada halaman berikut: Rumus Excel MAX-IF dan MIN-IF , Mencari Nilai Terbesar dan Terkecil Dengan Kriteria


Pada rumus excel , fungsi MIN dan MAX ini hanya akan menciptakan nilai tertinggi dan terendah. Lalu bagaimana bila menghendaki mendapatkan nilai tertinggi kedua atau paling rendah kedua atau nilai terbesar dan terkecil ke-sekian yang lain? Mengenai hal ini akan kita diskusikan pada bimbingan excel berikutnya.


Cara untuk mendapatkan nilai paling besar kedua , ketiga dan seterusnya atau sebaliknya yaitu dengan menggunakan fungsi LARGE dan Fungsi SMALL.>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : Benarkah Tata Trik Pengembangan Windows 10 Cacat?


Baca Juga : ustom Install Microsoft Office 2019


Baca Juga : Windows Server Build 19608 Khusus Insider