Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi 6 Jenis Jarak Baris Di Microsoft Word – Computer 1001



Tutorial: Word 2007, 2010, 2013, 2016.


Artikel ini membicarakan 6 jenis jarak baris (line spacing) di Microsoft Word, formula penyesuaian, shortcut, dan kegunaan masing-masing jenis jarak baris tersebut.


6 Jenis dan Kegunaan Jarak Baris di Microsoft Word



Rekomendasi: Cara Mengatur Ukuran Margin Berbagai Jenis Halaman Dokumen Word


Jarak baris (line spacing) yaitu jarak antar baris dalam paragraf.


Pengaturan jarak baris sungguh memiliki kegunaan ketika kita membuat dokumen Word yang paragrafnya berisi aneka font dan elemen-unsur lain pada baris tersebut (gambar, karakter besar, simbol dan formula). Contoh: resume, brosur, newsletter, cover laporan, dan lain-lain.


Poin penting yang perlu diketahui ialah tipe font yang berlainan dan unsur paling besar dalam baris tersebut bisa menghipnotis tinggi baris yang kita gunakan.


 



 



I. Jarak Standar (Default) pada Setiap Versi Microsoft


Mungkin Anda selama ini sama ibarat saya yang menerka jarak baris yang patokan (default) dari Microsoft yakni 1 baris (single line).
Yang bahwasanya Microsoft Word memakai jarak baris lebih dari 1. Jarak baris standar Word 2007, 2010, 2013 dan 2016 adalah 1.15. Hal ini berencana semoga teks pada dokumen, terutama dokumen online, lebih praktis dibaca.


Kita bisa menilik jarak baris ini dengan rumus berikut: pada tab Home, penggalan Paragraph, klik Line Spacing (Word 2007) atau Line and Paragraph Spacing (Word 2010 – 2016). Dan lihat jarak baris yang tercentang yaitu 1.15.
Line and Paragraph Spacing Word 2013


 



II. Mengatur Jarak Baris


Bila kita tak mau menggunakan jarak baris patokan dari Microsoft Word dan ingin menggantinya ke jaris baris yang lain, maka rumus cepatnya yakni berikut ini:



  1. Pilih kumpulan teks yang ingin diubah jarak barisnya.
    Tip: tekan tombol CTRL + A untuk memastikan seluruh isi dokumen.
    Default Line Spacing Word 2013

  2. Pada tab Home, pecahan Paragraph, klik Line Spacing (Word 2007) atau Line and Paragraph Spacing (Word 2010 – 2016).

  3. Selanjutnya pilih jarak baris yang timbul pada sajian.


Cara di atas hanya akan mengubah jarak baris pada teks yang kita pilih. Seandainya kita ingin menertibkan jarak untuk seluruh baris dalam dokumen atau untuk semua dokumen gres, maka gunakan formula berikut:



  1. Pada tab Home, bab Paragraph, klik:

    • Line Spacing (Word 2007)

    • Line and Paragraph Spacing (Word 2010 – 2016)



  2. Pilih Line Spacing Options.

  3. Pada kotak obrolan Paragraph, tab Indents and Spacing, di potongan Spacing, pilih jenis jarak baris di dropdown sajian Line spacing. Yaitu: Single, 1.5 lines, Double, At least, Multiple, atau Exactly.

    Penjelasan kegunaan jenis-jenis jarak baris ini ada di bawah ini.
    Line Spacing Dropdown Menu



  4. Klik Default (Word 2007) atau Set as Default (Word 2010 – 2016).

  5. Pada kotak dialog, pilih:
    Line Spacing Set as Default

    • This document only: untuk menerapkan jarak baris pada dokumen ini saja.

    • All documents based on the Normal template: untuk menerapkan jarak baris pada seluruh dokumen gres.



  6. Terakhir, klik OK untuk menutup semua kotak obrolan.


 



III. Jenis-Jenis Jarak Baris


Tiga jarak baris yang pertama pada hidangan Line spacing yaitu Single, 1.5 lines, dan Double. Yang juga bisa kita buat dengan memakai shortcut berikut:



  • Single: CTRL + 1.

  • 1.5 lines: CTRL + 5.

  • Double: CTRL + 2.


Selanjutnya yakni 3 jarak baris berikut yang bisa kita pastikan nilainya di kotak At, dengan menggunakan tanda panah atau mengetiknya eksklusif.



  • At least
    Seandainya kita menggunakan jarak baris lain (menyerupai single, 1.5 lines, atau double), maka Microsoft Word akan otomatis menyesuaikan tinggi jarak barisnya sesuai elemen terbesar pada isi baris tersebut. Apabila ada baris yang cuma berisi elemen yang kecil saja, maka tinggi barisnya akan berlawanan dengan baris lain yang mempunyai font atau gambar yang besar.
    Jarak baris yang berbeda

    Oleh sebab itu, kita bisa memakai jarak baris At least, untuk menentukan nilai jarak baris minimum yang mau menampung font atau elemen pada baris tersebut. Dan kalau perlu, Microsoft Word akan memperbesar tinggi jarak baris. Akan tetapi Word tidak mampu menguranginya. Dengan demikian jarak baris pada dokumen menjadi lebih rapi sesuai nilai minimum yang kita tetapkan.


    Jarak baris At least memakai satuan point (pt), sama mirip ukuran font.



  • Multiple
    Jenis jarak baris ini memungkinkan kita untuk memasukkan nilai jarak baris selain opsi di atas menurut persentase yang diputuskan. Misalnya 0,5 atau 3. Bila jarak baris dibuat 3 maka akan mengoptimalkan jaraknya sebesar 300%. Dan bila jarak baris dibuat 1,2 maka akan menyebarkan jaraknya sebesar 20%.

    Jarak baris Multiple juga memungkinkan kita untuk mengecilkan tinggi jarak baris.
    Contoh nilai jarak baris Multiple
    Contohnya seperti gambar berikut ini.
    Ada 2 jenis font dalam satu paragraf yang menggunakan jarak baris single. Untuk mengecilkan jarak baris biar semua teks bisa dimuat pada satu halaman kertas, maka tinggi jarak baris kita atur menjadi 0,8.
    Contoh tampilan teks sebelum dan sesudah menggunakan jarak baris Multiple yang diperkecil



  • Exactly
    Pada jenis jarak baris di atas, Microsoft Word akan menambahkan ruang tambahan atau ruang kosong di antara baris teks mudah-mudahan gampang dibaca, sesuai ukuran font atau komponen paling besar pada baris tersebut.

    Jadi jikalau kita memakai jarak baris single dengan font berukuran 10pt, maka tinggi baris teks tersebut bukanlah 10pt. Karena ada perhiasan ruang extra sekitar 15 – 20 %, sehingga tinggi baris untuk teks tersebut yakni sekitar 12pt. Tinggi ruang ekstra ini juga tergantung pada jenis font yang digunakan.


    Bila Anda tidak ingin Word menyertakan ruang kosong, maka gunakan jenis jarak baris Exactly. Exactly akan menentukan jarak baris yang tetap dalam satuan point (pt). Sehingga semua font, gambar, dan formula akan ditampilkan mengikuti jarak baris yang kita pastikan.


    Misalnya kita menentukan jarak baris 10 point, sedangkan ukuran font untuk teks yaitu 12 point. Maka teks akan ditampilkan sebesar 10 point dan sisanya akan terpotong.


    Atau menyerupai acuan di bawah ini, meskipun font pada kata fox menggunakan ukuran 10pt, tetapi alasannya yakni font-nya besar, maka tampilannya juga akan terpotong.
    Contoh tampilan jarak baris Exactly
    Lihat perbedaan tampilannya dengan jarak baris single.


    Tip: jikalau Anda memakai jarak baris Exactly dan tak mau isi baris terpotong, maka naikkan nilainya.




 


Rekomendasi Artikel






Baca Juga : Pubg Mobile Server Timed Out? Ini Zona Bimbingan M


Baca Juga : Microsoft Tambahkan Konfigurasi Custom P


Baca Juga : Dongeng Silicon Valley #28: Saling Senggol Di Sili