Format Memakai (Copy Paste) Macro Di Excel, Word, Dan Powerpoint – Computer 1001
Tutorial ini membicarakan format menempatkan dan melaksanakan macro yang disalin dari sumber lain pada dokumen Excel. Cara ini juga bisa digunakan di Microsoft Word dan PowerPoint.
Anda mungkin pernah menerima arahan macro dari internet, email atau buku. Namun, isyarat yang diberikan hanya berupa arahan macro saja, sehingga bagi yang belum pernah menggunakan macro akan kebingungan dan tidak tahu bagaimana tips menggunakannya.
Berikut akan disajikan formula memakai aba-aba macro tersebut.
- Sekilas Tentang Macro
- Cara Menempatkan Macro di Dokumen
- Cara Menjalankan Macro SUB Procedure
- Cara Menjalankan Macro FUNCTION Procedure
Sekilas Tentang Macro
Macro adalah sekumpulan kode untuk mengotomatisasi kiprah-tugas. Macro sangat berguna untuk melaksanakan hal-hal yang sifatnya berulang dan dalam jumlah besar. Misalnya, memberi format pada 50 tabel dalam dokumen. Bila dilakukan satu persatu, maka akan memerlukan banyak waktu. Tetapi dengan macro, tugas ini mampu dilaksanakan dengan segera.
Macro bisa berupa “SUB procedure” atau “FUNCTION procedure”. Kumpulan procedure ini disimpan dalam sebuah “Module”. Macro yang berupa fungsi (function) yang dibentuk oleh pengguna disebut dengan User Defined Function (UDF).
Cara Menempatkan Macro di Dokumen
Tutorial ini akan menggunakan teladan menempatkan macro pada Excel. Cara berikut juga mampu digunakan di Word dan PowerPoint.
Langkah-langkah:
- Tekan tombol ALT + F11 untuk membuka layar editor Visual Basic.
- Selanjutnya kita akan menyisipkan module kosong. Pada tab Insert, klik Module. Akan muncul satu layar putih.
- Salin dan tempatkan arahan macro pada layar putih tersebut seperti pola gambar berikut ini.
- Selanjutnya kalau kita menyimpan file Excel ini (CTRL + S), maka macronya juga ikut disimpan.
File yang berisi macro mesti disimpan dalam format macro-enabled, dengan ekstensi berikut:
- Word: .DOTM
- Excel: .XLSM
- PowerPoint: .PPTM
Setelah kita menaruh arahan macro pada module, maka langkah selanjutnya yakni melaksanakan macro tersebut. Ikuti isyarat berikut untuk melaksanakan atau memakai macro.
Cara Menjalankan Macro SUB Procedure
Catatan: tips berikut juga mampu dipakai di Word dan PowerPoint.
Langkah-langkah:
- Pada layar editor Visual Basic, tekan tombol F5 atau tombol Run Sub/UserForm yang berwarna hijau untuk melaksanakan macro.
- Untuk melihat akibatnya, tekan tombol ALT + F11 untuk kembali ke layar lembar kerja Excel.
Tip – Cara mengakses macro dari layar lembar kerja Excel:
- Pada tab View, grup Macros, klik tanda panah pada Macros.
Atau pada tab Developer, grup Code, klik Macro. - Pada kotak Macro name, pilih nama macro dan tekan tombol Run.
Cara Menjalankan Macro FUNCTION Procedure
Penggunaan Function procedure sama dengan memakai fungsi dari Excel, menyerupai fungsi SUM dan lain-lain.
Contohnya seperti berikut ini.
Fungsi di atas sudah disimpan pada module dan kita akan menggunakannya untuk menciptakan karakter besar pada abjad pertama kata di permulaan kalimat.
Langkah-langkah:
- Klik pada sel yang hendak berisi nilai yang dihasilkan oleh fungsi. Misalnya, sel A5.
Tip: jikalau Anda berada di layar editor Visual Basic, tekan tombol ALT + F11, untuk kembali ke lembar kerja Excel. - Ketik tanda sama dengan ( = ) dan nama fungsi.
- Kemudian masukkan nilai atau klik sel yang berisi data yang ingin diubah hurufnya. Pada tutorial ini, data berada di sel A1.
- Tekan ENTER. Hasilnya di sel A5 akan berisi data dari A1 dengan karakter besar pada abjad pertama permulaan kalimat.
Tutorial lain yang Menggunakan Function dan Macro
- Cara Membuat Huruf Besar (Huruf Kapital) pada Awal Kalimat di Excel
- Cara Membuat Ranking atau Peringkat pada Data Excel
- 3 Cara Menggabungkan Isi Beberapa Sel Excel Menjadi Satu
- Cara Memisahkan Angka Ribuan, Ratusan, Puluhan, dan Satuan di Excel
- Cara Menggunakan Function untuk Memisahkan atau Mengambil Bagian Teks di Excel