Acuan Dan 00 Rumus Menggunakan Faedah Dari Or Pada Microsoft Excel
Rumus OR Excel : Contoh dan rumus menggunakan fungsi OR pada microsoft excel untuk melakukan uji logika untuk menciptakan nilai akal True atau False.
Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel?
Pada microsoft excel , Fungsi OR juga termasuk kedalam klasifikasi fungsi logika ibarat Fungsi AND. Kegunaan fungsi excel OR dan AND sama-sama membandingkan dua atau lebih kondisi sehingga membuat nilai True atau False.
Apa dan bagaimana manfaat atau kegunaan fungsi OR pada Excel? mari kita pelajari bareng .
Pengertian Fungsi OR Excel
Fungsi OR merupakan Fungsi excel yang dipakai untuk menciptakan nilai TRUE bila salah satu argumennya bernilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jikalau semua argumen FALSE. Makara dalam hal menciptakan nilai nalar True atau False , Fungsi OR merupakan kebalikan dari fungsi AND.
Saat menggunakan rumus OR , nilai logika TRUE akan dihasilkan kalau salah satu atau semua kondisi terpenuhi. Sedangkan nilai logika FALSE akan dihasilkan kalau semua kondisi tidak tercukupi.
UJI LOGIKA | HASIL RUMUS OR |
---|---|
Semua kondisi bernilai TRUE | TRUE |
Semua kondisi bernilai FALSE | FALSE |
Salah satu/lebih keadaan bernilai TRUE | TRUE |
Perbedaan Fungsi AND dengan Fungsi OR yaitu syarat atau kondisi nilai untuk membuat nilai boolean TRUE dan FALSE-nya.
Perhatikan tabel fungsi kebijaksanaan OR excel dibawah ini untuk lebih jelasnya tentang nilai kebijaksanaan TRUE atau FALSE yang mau dihasilkan oleh fungsi OR Excel dikala membandingkan argumen-argumennya:
Tabel Fungsi OR Dengan 2 Kondisi Evaluasi
Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 2 keadaan penilaian.
Tabel Fungsi OR Dengan 3 Kondisi Evaluasi
Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 3 kondisi penilaian.
Fungsi AND cuma akan menciptakan nilai logika TRUE bila semua kondisi TRUE , sedangkan pada fungsi OR hanya akan menghasilkan nilai kebijaksanaan FALSE jikalau semua kondisi FALSE.
Pembahasan lebih rincian tantang perbedaan fungsi atau rumus AND dan OR ini mampu anda baca pada halaman berikut: Beda Fungsi/Rumus OR dan AND pada Microsoft Excel
Cara Menggunakan Rumus OR Excel
Cara penulisan fungsi OR pada rumus excel yakni selaku berikut:
OR(Logika1; [Logika2]; ...)
Argumen Fungsi OR:
- Logika1
- Kondisi pertama yang ingin kita uji yang akan dievalusi ke TRUE atau FALSE.
- Logika2; …
- (Opsional) Kondisi komplemen yang ingin kita uji. Maksimal 255 kondisi.
Setiap argumen pada fungsi OR mesti mengevaluasi terhadap nilai kecerdikan(TRUE/FALSE) , atau berbentukarray serta tumpuan sel yang berisi nilai logika (TRUE/FALSE).
Contoh Rumus OR Excel
Berikut beberapa teladan dasar penggunaan fungsi atau Rumus OR excel.
Contoh Rumus OR Excel 1
perhatikan contoh sederehana rumus OR Excel berikut:
Pada teladan nomor 6 (cell C7) , rumus excel OR yang dipakai:
=OR(10>5;10>15;10>20)
Evaluasi rumus diatas yakni:
=OR(TRUE;FALSE;FALSE)
Meskipun nilai 10 tidak lebih dari 15 dan 20 rumus excel ini akan menciptakan nilai logika TRUE , karena fungsi OR cuma akan meghasilkan nilai akal False kalau hasil uji budi semua argument mengecek ke False.
Contoh Rumus OR Excel 2
Selanjutnya amati juga teladan rumus OR pada excel berikut:
Pada pola diatas rumus excel pada sel D2 yakni:
=OR(A2>70;B2>70)
Jika diterjemahkan ke dalam kalimat kira-kira akan seperti ini:
Apakah A2 lebih dari 70 ATAU B2 Lebih dari 70?
Evalusi rumus diatas adalah:
=OR(TRUE;FALSE)
Dan akhirnya ialah TRUE , karena salah satu argumentnya bernilai TRUE.
Contoh Rumus OR Pada Fungsi IF
Pada pola berikut , fungsi OR dipakai selaku salah satu argument pada fungsi IF Excel.
=IF(OR(A2>70;B2>70);"Lulus";"Tidak Lulus")
Pada teladan diatas , Fungsi OR dipakai untuk menentukan nilai tamat dari fungsi IF.
Fungsi OR pada rumus excel tersebut akan menetukan nilai TRUE atau FALSE pada Rumus IF Gabungan.
Cara mirip ini tentunya lebih efisien bila ketimbang memakai rumus iF bertingkat untuk membuat nilai yang serupa untuk beberapa kondisi.
Pada rumus pertama kalau diterjemahkan menjadi kalimat kira-kira akan menyerupai ini:
Apakah Nilai A2 lebih dari 70 ATAU Nilai B2 lebih dari 70? Jika YA maka tulis Lulus , Jika TIDAK maka tulis Tidak lulus.
Pada teladan ini kalau salah satu nilainya lebih dari 70 maka akan menciptakan teks “Lulus”.
Seperti yang sudah anda pelajari dari teladan rumus OR di atas adakala anda akan membutuhkan operator perbandingan excel dalam menggunakan fungsi OR excel ini.
Pada prakteknya anda harus betul-betul jeli untuk memutuskan kapan mesti memakai fungsi AND dan kapan mesti memakai fungsi atau rumus OR excel ini.
Penjelasan lebih lengkap wacana fungsi IF campuran dengan fungsi AND atau OR (IF-OR , IF-AND , IF-OR-AND atau IF-AND-OR) bisa anda pelajari pada halaman berikut: Rumus Excel Gabungan Fungsi IF dengan fungsi OR dan AND>> Gabung Telegram Channel <<