Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Menjelaskan ihwal fitur-fitur modern pada Office Excel 2016 serta penyempurnaan pivot table serta beberapa fitur lain pada Microsoft Excel 2016.



Fitur Baru Microsoft Excel 2016


Fitur Baru Excel 2016 – Pada September 2015 , microsoft resmi merilis Office 2016 dengan aneka macam macam fitur terbarunya. Sebagai potongan dari Office 2016 , Microsoft office Excel 2016 pastinya juga ikut mendapatkan perbaikan dan penambahan fitur-fitur gres.


Lalu fitur gres apa saja yang microsoft tawarkan pada model excel 2016 ini?


Apabila Anda telah menggunakan Excel 2010 atau Excel 2013 memang tidak ada pergantian berarti dari segi user interface Excel 2016. Antarmuka Excel 2016 sungguh mirip dengan model sebelumnya , begitupun dengan sebagian besar format kerja dan fiturnya.


Namun , ada sejumlah pembaharuan serta perbaikan yang dirancang biar Office Excel 2016 lebih baik dan lebih mudah dipakai untuk menyempurnakan model sebelumnya.


Berikut ulasan 10 fitur gres pada Excel 2016:





“Tell Me” Box


Anda mampu mendapatkan suatu kotak yang bertuliskan “Tell me what you want to do…” dibagian atas ribbon excel 2016 yang juga bisa di saluran dengan Shortcut Alt + Q.


Pada kotak tersebut , tuliskan beberapa frasa kalimat atau kata yang terkait dengan apa yang ingin Anda kerjakan. Office Excel 2016 otomatis akan menyediakan beberapa fitur yang terkait dengan keperluan anda.


Tell Me Box Excel 2016


Anda juga mampu memanfaatkannya untuk menerima pinjaman terkait dengan istilah tertentu pada excel yang belum anda fahami.


New Chart Types


Selain kotak “Tell Me” , pada excel 2016 anda juga akan memperoleh beberapa tipe Chart atau diagram gres yang tidak ada pada model sebelumnya.


Lebih tepatnya Excel 2016 menambahkan 6 tipe sketsa atau chart: Treemap , Sunburst , Pareto , Histogram , Box and wishker , dan Waterfall.


Tipe Chart Baru Pada Excel 2016


Get & Transform


Fitur ini sebelumnya tersedia secara terpisah sebagi add-in yang disebut dengan Power Query.


Pada excel 2016 fitur ini tersedia secara default (bawaan) yang mampu anda peroleh pada Tab Data–Group Get & Transform.


Dengan fitur ini , selain digunakan pada data yang sudah ada di excel , Anda juga dapat mengimport data dari sumber lain secara mudah dan cepat untuk di transformasi yang kemudian mampu Anda olah lebih lanjut.


Get & Transform Excel 2016


Selain mengimpor file CSV(Comma Separated Values) dan file excel lain , dengan fitur gres ini kini Anda dapat mengimport data dari banyak sekali sumber database (SQL , Access , Oracle , IBM , dll.) , Azure maupun sumber lain semisal facebook dan Salesforce.


Forecasting


Pada versi excel sebelumnya excel sudah memperlihatkan fungsi FORECAST selaku fungsi untuk menciptakan tren atau anggapan linear nilai kala depan berdasarkan nilai yang sudah ada.


Pada Excel 2016 fungsi ini digantikan dengan fungsi gres yakni FORECAST.LINEAR dan juga disertakan dengan beberapa varian lain:



  1. FORECAST.ETS
  2. FORECAST.ETS.CONFINT
  3. FORECAST.ETS.SEASONALITY
  4. FORECAST.ETS.STAT


Selain fungsi-fungsi excel tersebut Excel 2016 juga menyediakan fitur Forecast Sheet yang bisa Anda dapatkan pada Tab Data–Group Forecast.


Forecasting Excel 2016


Dengan fitur ini , asalkan Anda mempunyai jumlah data yang layak dan menyanggupi tolok ukur , Excel akan mampu meramalkan musim data anda ke kurun depan serta memperlihatkan tingkat akidah ramalan tersebut.


Fitur ini juga telah cukup cerdas dengan adanya pilihan asumsi demam isu musiman serta membuat grafik garis atau batang sehingga lebih lezat di lihat.


Quick Analysis Tools


Quick analysis tool merupakan alat yang akan meminimalisir waktu Anda. Pada dasarnya fitur yang juga mampu diakses dengan Shortcut Alt + Q ini juga sudah tersedia pada model office excel 2013 dan disempurnakan pada versi Excel 2016 yang gres.


Quick Analysis Tools Excel 2016


Quick analysis tool menawarkan beberapa suguhan opsi untuk melakukan formatting , menyertakan chart atau sparkline , melaksanakan penjumlahan , serta membuat tabel secara otomatis.


Cara menggunakannya cukup mudah. Setelah Anda final mengisi data pada spreadsheet atau tabel , pilih/seleksi seluruh rentang data anda. Perhatikan ikon lembar kerja petir di sudut kanan bawah. Klik ikon ini dan sajian lain akan muncul yang menunjukkan beberapa pilihan atau pilihan hidangan untuk apa yang harus dijalankan dengan data ini.


3D Maps – PowerMap


3D Maps Excel 2016


Pada model sebelumnya fitur ini dinamakan Power Map yang merupakan Add-in terpisah. Pada Excel 2016 fitur ini tersedia secara bawaan default dengan nama “3D Maps” yang bisa anda peroleh pada Tab Insert–Group Tours.


3D Maps bisa anda pakai untuk menampilkan perbandingan data berdasarkan lokasi kota atau negara. Dengan fitur ini visualisasi data pasti akan lebih mempesona.


Smart Lookup


Smart Lookup yaitu fitur gres yang tersedia pada Office 2016.


Fitur ini secara otomatis akan memperoleh berita di Web menggunakan mesin pencari Bing tanpa memaksa pengguna untuk membuka browser Internet dan melaksanakan pencarian secara manual.


Untuk menggunakan Smart Lookup pada Excel 2016 pilih frasa kata atau kalimat pada sel exel kemudian klik kanan dan pilih menu Smart Lookup.


Smart Lookup Excel 2016


Panel wawasan atau Insight akan terbuka dan memperlihatkan definisi , artikel Wiki , dan penelusuran terkait yang teratas dari web. Anda juga bisa mengakses Smart Lookup kapan saja dengan masuk ke suguhan Review–Smart Lookup dan memasukkan kueri penelusuran di sana.


Ink Equations


Ink Equations Excel 2016


Dengan Excel 2016 , memasukkan persamaan matematika akan jauh lebih mudah. Kapanpun anda ingin menyisikan persamaan matematika sederhana atau kompleks pada sebuah Sheet excel , gunakan fitur Ink Equations yang bisa Anda peroleh pada Tab Insert–Group Symbols–pilih Equation.


Berbagi dan Berkolaborasi Dengan Mudah dan Mudah


Pada sudut kanan atas excel 2016 Anda bisa memperoleh sajian Share atau menyebarkan yang bisa Anda pakai untuk mengembangkan file excel Anda dengan orang lain di SharePoint , OneDrive , atau OneDrive for Business.


Sharing and collaborating data Excel 2016


Sebelumnya fitur ini hanya mampu Akses lewat BackstageView.


Perubahan pada excel 2016 menyatukan dua aspek utama kerja sama: siapa yang memiliki jalan masuk ke dokumen tertentu dan siapa yang ketika ini melaksanakan dokumen tersebut bareng dengan Anda.


Sekarang Anda dapat memperlihatkan kedua kepingan gosip ini dari kotak obrolan Share.


Penyempurnaan PivotTable


Jika anda belum kenal dengan Pivot Table , sepertinya penyempurnaan fitur ini tidak cukup mempunyai arti untuk Anda. Namun bagi peminat Pivot Table saya yakin penyempurnaan fitur Pivot Table pada Excel 2016 ini akan sungguh menolong kebutuhan Anda.


Berikut beberapa penambahan serta penyempurnaan fitur Pivottable Excel 2016:


Automatic relationship detection


Di Excel 2013 , membuat Pivottable dari dua atau lebih set data ialah operasi yang relatif sukar alasannya mesti menggunakan Tool Relationship Excel untuk menentukan nama bidang penghubung antara tabel database terpisah.


Excel 2016 membuat proses ini sedikit lebih praktis dengan tombol Deteksi Otomatis yang dapat membandingkan beberapa tabel basis data untuk mengidentifikasi nama kolom lazim , dan kemudian memperoleh dan membuat korelasi di antara tabel yang digunakan untuk model data pada workbook Excel secara otomatis.


Excel 2016 mengetahui kapan analisis Anda memerlukan dua atau beberapa tabel untuk ditautkan bahu-membahu dan mengumumkan Anda.


Dengan sekali klik , Excel 2016 melaksanakan pekerjaannya untuk membangun hubungan , sehingga Anda mampu memanfaatkannya dengan secepatnya.


Creating , editing , and deleting custom measures


Dengan Excel 2016 Pembuatan , pengeditan dan pembatalan “custom measures” mampu dijalankan secara pribadi dari daftar bidang PivotTable , meminimalisir banyak waktu dikala Anda perlu menyertakan penghitungan tambahan untuk analisis Anda.


Untuk melaksanakan ini , Anda perlu menegaskan mempunyai setidaknya tiga tabel yang disertakan ke Model Data Excel (dengan hubungan yang tepat didefinisikan , sesuai keperluan) , dan kemudian klik kanan tabel dalam daftar Bidang PivotTable dan pilih pilihan “Add Measure…“.


Date Grouping


PivotTable pada Excel 2016 secara otomatis mengelompokkan bidang tanggal dan waktu menjadi tahun , kuartal , dan bulan.


Setelah field dikelompokkan bareng , Anda bisa menyeret grup ke PivotTable Anda dalam satu langkah-langkah untuk mendistribusikan data Anda di banyak sekali tingkat waktu dengan kesanggupan drilldown.


Pada versi Excel sebelumnya , data PivotTable diplot menurut tanggal tertentu , dan pengguna mesti memilih pengaturan grup tanggal secara manual memakai alat pengelompokan.


Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam , Anda cukup memakai pilihan + di samping segmen tanggal untuk memperluas tingkat pengelompokan berikutnya. Saya pikir Anda akan merasa jauh lebih mudah mengelola data.


PivotChart drilldown buttons


Tombol telusuri PivotChart memungkinkan Anda untuk menambahdan memperkecil pengelompokan waktu dan struktur hierarki yang lain di dalam data Anda.


Search field


PivotTable telah direvitalisasi dengan bilah penelusuran (Search field) yang akan membuat lebih mudah ketika Anda mengatasi kumpulan data besar dengan banyak sekali bidang (field) yang penting bagi Anda di seluruh rangkaian data Anda.


Smart rename


Smart rename (Penggantian nama cendekia) memberi Anda kesanggupan untuk mengubah nama tabel dan kolom dalam versi data pada workbook.


Dengan setiap perubahan , Excel 2016 secara otomatis memperbarui setiap tabel dan perkiraan terkait di seluruh workbook , termasuk semua worksheet dan rumus DAX.


Defer Layout Update


Mirip dengan pengaturan pilihan Workbook Calculation ke Manual (Tab Formula–Calculation Options) untuk membatasi buku kerja Anda menghitung ulang sehabis setiap pengeditan , fitur PivotTable gres yang disebut Defer Layout Update (lihat screenshot di bawah) memungkinkan Anda menangguhkan memperbarui perhitungan PivotTable Anda sewaktu Anda melaksanakan beberapa pergeseran pada data Pivot Anda.


Defer Layout Update


Setelah Anda menuntaskan pengeditan , pergeseran Anda dapat diperbaharui di seluruh buku kerja dengan menekan tombol Pembaruan , tidak mencentang pilihan “Defer Layout Update” , atau menutup jendela PivotTable atau PowerPivot.


Multi Select Slicer


Sebelumnya cuma satu item pada Slicer. Pada Excel 2016 Anda bisa memilih beberapa item dalam Slicer.


Sekian pembahasan kita ihwal 10 Fitur Terbaru di Excel 2016. Semoga mampu memperbesar pengetahuan Anda.


Jika Anda suka artikel seperti ini , jangan ragu untuk share ke media sosial yang anda kelola. Terima kasih.>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : Windows 10 Build 19041.207


Baca Juga : Tombol Home Android Rusak


Baca Juga : ReviewMi Notebook 14 Horizon Edition