Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

00 Kiat Menggunakan Fitur Find Dan Replace Excel (Bab 2)

Panduan lengkap fitur Replace di excel untuk merubah kata atau suatu teks dengan kata yang lain sekaligus pada microsoft excel.



Cara Menggunakan Fitur Replace Excel


Find AND Replace Microsoft Excel – Tutorial excel kali ini merupakan lanjutan pembahasan sebelumnya perihal fitur FIND and REPLACE pada Microsoft Excel. Jika sebelumnya kita sudah membicarakan ihwal fitur FIND sekarang kita akan mencar ilmu menggunakan fitur REPLACE.


Untuk bimbingan sebelumnya mampu Anda dapatkan disini:
Yang akan kita pelajari pada panduan kali ini antara lain tentang penggunaan fitur REPLACE secara lebih mendalam untuk mengganti atau mengganti teks tertentu , merubah abjad tertentu , serta merubah teks dengan format sel tertentu dengan format sel yang lain.




Jika anda bermaksud memperoleh serta mengubah sebuah teks dengan teks lain menggunakan rumus excel maka yang anda perlukan yakni fungsi Find atau fungsi Search dan fungsi Replace.


Menggunakan Fitur REPLACE Pada Microsoft Excel


Fitur FIND yang terdapat pada Microsoft Excel digunakan untuk melaksanakan pencarian data. Sedangkan fitur REPLACE dipakai untuk mencari atau menemukan nilai tertentu lalu menggantinya menjadi nilai atau teks yang lain.


Cara Mengganti Teks Tertentu Dengan Teks Lainnya


Untuk merubah beberapa karakter teks pada sel-sel microsoft excel sekaligus , lakukan tindakan berikut:



  1. Pilih atau seleksi range data tertentu yang ingin kita rubah untuk menghalangi jangkuan. Jika mengharapkan pergeseran untuk semua data pilih atau selesi sembarang sel. Pada contoh ini aku melaksanakan seleksi pada kolom C untuk merubah teks “Sumatra” menjadi “Sumatera“.

    Fitur REPLACE Microsoft Excel


  2. Buka Tab REPLACE pada kotak dialog FIND and REPLACE pada sajian Home--Editing Group--Find & Select--Replace.... Bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan Shortcut Ctrl + H.

    Fitur REPLACE Microsoft Excel


  3. Pada potongan Find what: tuliskan karakter teks yang akan kita rubah.
  4. Pada serpihan Replace with: tuliskan huruf teks penggantinya.

    Fitur REPLACE Microsoft Excel


  5. Pilih Replace All untuk merubah semua karakter teks yang ditemukan dengan karakter teks gres. atau pilih Replace jika anda mengharapkan mengubah satu persatu


Untuk pilihan penggantian abjad teks lebih lanjut anda mampu menggunakan opsi-pilihan yang disediakan. Secara garis besar opsi-pilihan ini sama dengan fitur FIND yang sudah diterangkan pada panduan penggalan pertama.


Cara Menghapus Teks Atau Karakter Tertentu


Ada kalanya kita memerlukan untuk menetralisir semua huruf teks tertentu. Misalnya kita ingin menghilangkah teks “Sdr.” pada sekumpulan data yang berisi nama-nama orang.


Untuk melaksanakan hal ini kita cukup memasukkan karakter teks yang ingin kita hilangkan , misal “Sdr.” pada pecahan Find what: dan mengosongkan nilai pada bagian Replace with:.


Fitur REPLACE Microsoft Excel


Menggganti Format Teks Dengan Format Lainnya


Pada bab pertama tutorial ini sudah diulas wacana mencari teks dalam format tertentu. Untuk kebutuhan tertentu kita juga merubah format banyak sel yang kita tentukan dengan format lain menggunakan fitur Replace ini. Caranya ikuti tindakan berikut:



  1. Buka Tab REPLACE pada kotak obrolan FIND and REPLACE dan Pilih hidangan Options
  2. Isi bagian Find What: dan ReplaceWith: jika diperlukan atau kosongkan saja kalau hendak mengganti format saja.
  3. Tentukan format permulaan dan format penggantinya. Jika menginginkan otomatis mengambil format dari sel yang sudah ada , pilih Choose Format From Cell... atau pilih Format... bila menginginkan menertibkan format secara manual.
  4. Klik Replace All dan lihat hasil alhasil. Jika ada kesalahan anda mampu melaksanakan undo atau dengan Ctrl + Z.


Fitur REPLACE Microsoft Excel


Jika memakai fitur FIND and REPLACE dengan format tertentu , jangan lupa melaksanakan Clear Find Format setiap melaksanakan pencarian gres. Sebab format tersebut akan tetap tersimpan sampai kita keluar dari excel.


Cara Menggunakan Wildcard Character


Untuk mengisi bagian Find What: baik untuk fitur FIND maupun fitur REPLACE kita bisa memakai wildcard characters. Hal ini diperlukan untuk melaksanakan pencarian dan mengubah huruf teks tertentu yang semi tidak pasti secara otomatis.



  1. Karakter bintang atau asterisk (*) mewakili 1 atau banyak huruf teks. Misal “Ja*a” akan bisa dipakai untuk mendapatkan teks Jawa , Jakarta , Jayapura.
  2. Karakter tanda tanya atau question mark (?) dipakai untk mewakili 1 karakter teks/string. Misal “M?hammad” bisa digunkan untuk memperoleh teks Muhammad , Mohammad , dan lain sebagianya.


Fitur REPLACE Microsoft Excel


Lalu bagaimana kalau mengharapkan menemukan wildcard characters itu sendiri? misal kita ingin mendapatkan atau menetralisir tanda tanya (?) yang tertulis diteks. Untuk memperoleh huruf wildcard gunakan strip bengkok atau tanda tilde() sebelum karakter wildcard tersebut. misal: “*?” pencarian dengan teks ini akan menemukan setiap kata yang diakhiri dengan tanda tanya.


Sedangkan untuk memperoleh huruf “” masukkan karakter tersebut 2 kali “” dalam kolom pencarian.


Bagaimana , mudah bukan? Jika tutorial ini berguna , yuk di-share! semoga lebih banyak teman dekat-sobat lain yang juga mampu menerima manfaatnya.>> Gabung Telegram Channel <<


Baca Juga : Update Icon Baru di Windows 10


Baca Juga : Ini Ukuran Foto Sampul Dan Profil Facebook (+ Tuto


Baca Juga : Setting Ppsspp Android