Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menciptakan Daftar Urut Tanggal, Bulan, Dan Tahun Secara Otomatis Di Excel – Computer 1001


Tutorial: Excel 2007, 2010, 2013, 2016.
Membuat urutan tanggal, bulan, dan tahun di Excel dengan Auto Fill sangat menolong mempercepat pengerjaan daftar yang panjang tanpa harus diketik satu per satu. Contohnya seperti gambar berikut.


Rekomendasi: Cara Membuat Daftar Auto Fill Kita Sendiri (Custom List) di Excel


Langkah-Langkah



  1. Ketik tanggal pada sel pertama. Contoh: 01 Januari 2017.

  2. Kemudian klik kanan Fill handle (kotak kecil di sudut kanan bawah sel) dan tarik ke bawah sebanyak sel yang ingin diisi.

  3. Lepaskan tekanan pada mouse. Akan timbul pop up sajian menyerupai gambar berikut.
    Pop up menu auto fill tanggal

  4. Pilih salah satu:

    • Fill Days, untuk daftar urut tanggal 1, 2, 3, dan seterusnya.

    • Fill Weekdays, untuk daftar hari Senin hingga Jumat. Bila sel pertama yang kita ketik yakni hari Sabtu atau Minggu, maka hari tersebut cuma ada di sel pertama itu saja.

    • Fill Months, untuk daftar urut bulan.

    • Fill Years, untuk daftar urut tahun.



  5. Excel akan otomatis mengisi kolom ibarat pola gambar berikut. Isi baris warna hijau ialah data yang diketik, sedangkan sisanya menggunakan Auto Fill.
    Contoh hasil Auto Fill tanggal, hari, bulan, dan tahun


Catatan:



  • Format tanggal tidak mesti sama seperti gambar di atas. Bisa juga berbentukformat lainnya ibarat gambar di bawah ini. Silakan menjajal banyak sekali variasi format tanggal.
    Contoh format tanggal Auto Fill yang lain

  • Kita juga mampu menciptakan daftar tanggal untuk format Days, Months, Years; dengan cara menarik eksklusif Fill handle ke bawah, mirip di tutorial ini: Membuat Seri Angka dan Tanggal dengan Auto Fill di Excel.

    Bedanya, kita mesti membuat 2 baris sel supaya Excel mampu mengenal teladan data yang ingin kita buat. Sedangkan yang disuguhkan di bimbingan ini cukup satu baris sel saja. Akan tetapi, kita mampu menciptakan daftar Auto Fill-nya secara per baris (campuran beberapa kolom sekaligus). Sedangkan untuk bimbingan ini bila daftarnya berlawanan (misal: kolom 1 untuk tanggal, kolom 2 untuk bulan, kolom 3 untuk tahun), maka untuk menjadikannya harus per kolom.







Baca Juga : Password Pada Lastpass Di Edge Chromium Ke File Csv


Baca Juga : Menggunakan Pen Tool Photoshop


Baca Juga : Ukuran Layar Hp Android