Formula Meniadakan Kolom Dan Baris Kosong Di Excel Secara Sekaligus – Computer 1001
Tutorial ini menghidangkan cara menghapus kolom atau baris kosong Excel yang berjumlah banyak secara sekaligus.
Rekomendasi: Cara Menghapus Halaman Kosong di Dokumen Microsoft Word
Ada beberapa cara untuk meniadakan baris atau kolom kosong yang terletak di antara kolom atau baris data lembar kerja Excel. Bila jumlahnya sedikit, kita bisa memutuskan setiap baris atau kolom kosong tersebut satu per satu dan kemudian menghapusnya.
Namun, jikalau baris atau kolom kosong yang ingin dihapus jumlahnya banyak, misalnya ratusan atau ribuan ke atas, maka kita mampu menggunakan trik berikut untuk menentukan semua baris dan kolom kosong dengan segera.
Hal penting: Backup terlebih dulu lembar kerja Excel sebelum menghapus baris dan kolom kosong.
- Cara Menghapus Seluruh Kolom Kosong Excel
- Cara Menghapus Seluruh Baris Kosong Excel
- Cara Menghapus Seluruh Kolom dan Baris Kosong Excel
Cara Menghapus Seluruh Kolom Kosong Excel
Gunakan cara berikut kalau lembar kerja cuma mempunyai kolom kosong saja.
Langkah-langkah:
- Blok atau highlight seluruh area lembar kerja Excel yang ingin dihapus kolom kosongnya.
Tip: kita juga bisa menggunakan shortcut untuk memilih area lembar kerja dengan cepat. Klik pada sel pertama, umpamanya A1 (CTRL + HOME) dan kemudian tekan tombol CTRL + SHIFT + END. - Pada tab Home, serpihan Editing, klik Find & Select dan pilih Go To Special.
- Pada kotak obrolan yang timbul, klik Blanks dan kemudian klik OK. Sekarang semua sel kosong sudah dipilih.
- Untuk menghapusnya:
- Klik kanan salah satu sel dan pilih Delete.
- Pilih Entire column dan klik OK.
Selesai, semua kolom kosong sudah berhasil dihapus.
Tip: kita juga bisa menghapusnya dengan cara ini: pada tab Home, grup Cells, klik Delete dan pilih Delete Sheet Columns.
Cara Menghapus Seluruh Baris Kosong Excel
Gunakan cara di bawah ini apabila lembar kerja cuma mempunyai baris kosong saja.
Langkah-langkah:
- Blok atau highlight seluruh area lembar kerja Excel yang ingin dihapus baris kosongnya.
- Pada tab Home, cuilan Editing, klik Find & Select dan pilih Go To Special.
- Pada kotak pembicaraan yang timbul, klik Blank dan kemudian klik OK. Sekarang semua sel kosong sudah diseleksi.
- Untuk menghapusnya:
- Klik kanan salah satu sel dan pilih Delete.
- Pilih Entire row dan klik OK.
Selesai, semua baris kosong sudah berhasil dihapus.
Tip: kita juga bisa menghapusnya dengan cara ini: pada tab Home, grup Cells, klik Delete dan pilih Delete Sheet Rows.
Cara Menghapus Seluruh Kolom dan Baris Kosong Excel
Gunakan cara berikut kalau lembar kerja mempunyai baris dan kolom kosong seperti teladan gambar berikut ini.
Kita mampu meniadakan baris kosong terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan meniadakan kolom kosong atau sebaliknya. Cara ini juga bisa kita pakai untuk meniadakan baris kosong saja atau meniadakan kolom kosong saja, pada lembar kerja yang berisi sel kosong menyerupai ini.
Pada panduan yang membicarakan topik yang sama, aku melihat cara yang dipakai sama dengan cara meniadakan baris kosong. Namun, cara ini akan meniadakan baris data yang berada di atasnya.
Untuk itu, kita akan memakai cara berikut yang bisa menghapus kolom dan baris kosong saja tanpa menghapus sel yang berisi data.
Langkah-langkah:
- Blok atau highlight seluruh area lembar kerja Excel yang ingin dihapus baris dan kolom kosongnya.
- Pada tab Home, bab Editing, klik Find & Select dan pilih Go To Special.
- Pada kotak dialog yang timbul, klik Blank dan kemudian klik OK. Sekarang semua sel kosong telah dipilih.
- Untuk meniadakan:
- Baris kosong: klik kanan salah satu sel dan pilih Shift cells up.
- Kolom kosong: klik kanan salah satu sel dan pilih Shift cells left.
Hasilnya adalah ibarat gambar berikut ini. Baris kosong sudah dihapus semua tanpa mengusik data lainnya.
- Selanjutnya apabila ingin meniadakan kolom atau baris kosong, mampu mengikuti cara meniadakan baris dan kolom yang sudah disuguhkan di atas.
Rekomendasi Artikel
- Menampilkan atau Menyembunyikan Baris/Kolom – Excel
- Cara Memisahkan Isi Sel Menjadi Beberapa Kolom di Excel
- 3 Cara Menggabungkan Isi Beberapa Sel Excel Menjadi Satu
- Cara Praktis Memindahkan Isi Baris ke Kolom dan Sebaliknya di Tabel Excel