Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formula Meniadakan Kolom Dan Baris Kosong Di Excel Secara Sekaligus – Computer 1001


Tutorial: Excel 2007, 2010, 2013.
Tutorial ini menghidangkan cara menghapus kolom atau baris kosong Excel yang berjumlah banyak secara sekaligus.
Cara Menghapus Kolom dan Baris Kosong di Excel Secara Sekaligus

Rekomendasi: Cara Menghapus Halaman Kosong di Dokumen Microsoft Word
Ada beberapa cara untuk meniadakan baris atau kolom kosong yang terletak di antara kolom atau baris data lembar kerja Excel. Bila jumlahnya sedikit, kita bisa memutuskan setiap baris atau kolom kosong tersebut satu per satu dan kemudian menghapusnya.
Namun, jikalau baris atau kolom kosong yang ingin dihapus jumlahnya banyak, misalnya ratusan atau ribuan ke atas, maka kita mampu menggunakan trik berikut untuk menentukan semua baris dan kolom kosong dengan segera.
Hal penting: Backup terlebih dulu lembar kerja Excel sebelum menghapus baris dan kolom kosong.
 



 


Cara Menghapus Seluruh Kolom Kosong Excel


Gunakan cara berikut kalau lembar kerja cuma mempunyai kolom kosong saja.
Contoh kolom kosong pada lembar kerja Excel
Langkah-langkah:



  1. Blok atau highlight seluruh area lembar kerja Excel yang ingin dihapus kolom kosongnya.
    Tip: kita juga bisa menggunakan shortcut untuk memilih area lembar kerja dengan cepat. Klik pada sel pertama, umpamanya A1 (CTRL + HOME) dan kemudian tekan tombol CTRL + SHIFT + END.
    Blok area data kolom kosong lembar kerja Excel

  2. Pada tab Home, serpihan Editing, klik Find & Select dan pilih Go To Special.
    Pilih Go To Special

  3. Pada kotak obrolan yang timbul, klik Blanks dan kemudian klik OK. Sekarang semua sel kosong sudah dipilih.
    Pilih Blank

  4. Untuk menghapusnya:

    • Klik kanan salah satu sel dan pilih Delete.

    • Pilih Entire column dan klik OK.
      Pilih Entire column
      Selesai, semua kolom kosong sudah berhasil dihapus.
      Tampilan hasil semua kolom kosong sudah dihapus


    Tip: kita juga bisa menghapusnya dengan cara ini: pada tab Home, grup Cells, klik Delete dan pilih Delete Sheet Columns.




 


Cara Menghapus Seluruh Baris Kosong Excel


Gunakan cara di bawah ini apabila lembar kerja cuma mempunyai baris kosong saja.
Contoh baris kosong pada lembar kerja Excel
Langkah-langkah:



  1. Blok atau highlight seluruh area lembar kerja Excel yang ingin dihapus baris kosongnya.
    Blok area data baris kosong lembar kerja Excel

  2. Pada tab Home, cuilan Editing, klik Find & Select dan pilih Go To Special.

  3. Pada kotak pembicaraan yang timbul, klik Blank dan kemudian klik OK. Sekarang semua sel kosong sudah diseleksi.

  4. Untuk menghapusnya:

    • Klik kanan salah satu sel dan pilih Delete.

    • Pilih Entire row dan klik OK.
      Pilih Entire row
      Selesai, semua baris kosong sudah berhasil dihapus.
      Tampilan hasil semua baris kosong sudah dihapus


    Tip: kita juga bisa menghapusnya dengan cara ini: pada tab Home, grup Cells, klik Delete dan pilih Delete Sheet Rows.
    Pilih Delete Sheet Rows




 


Cara Menghapus Seluruh Kolom dan Baris Kosong Excel


Gunakan cara berikut kalau lembar kerja mempunyai baris dan kolom kosong seperti teladan gambar berikut ini.
Contoh baris dan kolom kosong pada lembar kerja Excel
Kita mampu meniadakan baris kosong terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan meniadakan kolom kosong atau sebaliknya. Cara ini juga bisa kita pakai untuk meniadakan baris kosong saja atau meniadakan kolom kosong saja, pada lembar kerja yang berisi sel kosong menyerupai ini.
Pada panduan yang membicarakan topik yang sama, aku melihat cara yang dipakai sama dengan cara meniadakan baris kosong. Namun, cara ini akan meniadakan baris data yang berada di atasnya.
Contoh baris data yang ikut terhapus
Untuk itu, kita akan memakai cara berikut yang bisa menghapus kolom dan baris kosong saja tanpa menghapus sel yang berisi data.
Langkah-langkah:



  1. Blok atau highlight seluruh area lembar kerja Excel yang ingin dihapus baris dan kolom kosongnya.
    Blok area data baris dan kolom kosong lembar kerja Excel

  2. Pada tab Home, bab Editing, klik Find & Select dan pilih Go To Special.

  3. Pada kotak dialog yang timbul, klik Blank dan kemudian klik OK. Sekarang semua sel kosong telah dipilih.

  4. Untuk meniadakan:

    • Baris kosong: klik kanan salah satu sel dan pilih Shift cells up.

    • Kolom kosong: klik kanan salah satu sel dan pilih Shift cells left.
      Pilih Shift cells up untuk menghapus baris kosong


    Hasilnya adalah ibarat gambar berikut ini. Baris kosong sudah dihapus semua tanpa mengusik data lainnya.
    Tampilan hasil baris kosong sudah dihapus



  5. Selanjutnya apabila ingin meniadakan kolom atau baris kosong, mampu mengikuti cara meniadakan baris dan kolom yang sudah disuguhkan di atas.


 


Rekomendasi Artikel






Baca Juga : Mengaktifkan Dan Mematikan Timeline On Windows 10


Baca Juga : Windows 10 Rilis Spring Creator


Baca Juga : Dongeng Silicon Valley #53 – Impian Mobile Microso