Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format Input Dan Format Data Sekaligus Di Beberapa Lembar Kerja Excel – Computer 1001


Sudahkah anda mengenali trik ini? Bahwa kita mampu input data, baik dengan mengetik atau copy paste pada satu lembar kerja (worksheet) dan lembar kerja yang lain juga akan ikut memiliki data tersebut.



Baca juga: 7 Shortcut untuk Input Data Secara Cepat di Excel


Bukan hanya input data biasa saja, kita juga mampu menginput formula pada semua lembar kerja secara sekaligus.


Kemudian kita juga bisa format data (beri warna, ubah font, beri border, atur ukuran baris kolom, dan sebagainya) di satu lembar kerja, dan format tersebut juga ada di lembar kerja yang lain.


Excel Multiple Input Worksheets


Kapan Sebaiknya Menggunakan Trik Ini?


Trik ini mempercepat kita menginput, hapus, dan format data pada beberapa lembar kerja dalam sebuah dokumen Excel.


Cocoknya digunakan pada dokumen Excel yang mirip berikut:



  • Saat memulai dokumen Excel yang gres.

  • Beberapa lembar kerja pada dokumen Excel tersebut mempunyai kolom atau baris yang datanya sama. Dengan demikian kita tidak butuhinput atau copy paste lagi.




Cara Menggunakan Trik Ini


Tutorial ini terbagi 2 bagian. Bagian 1 berisi format menggrupkan lembar kerja dan input data. Bagian 2 berisi formula memisahkan lembar kerja yang digrupkan.




I. Menggrupkan Lembar Kerja dan Input Data


Langkah-langkah:



  1. Ini langkah yang terpenting, adalah menggrupkan kumpulan lembar kerja. Tekan tombol CTRL, kemudian klik tab lembar kerja Excel yang akan berisi data yang serupa. Contoh: Sheet1, Sheet2, Sheet3. Tip: jika ingin menentukan semua lembar kerja pada file Excel tersebut, klik kanan salah satu tab lembar kerja dan pilih Select All Sheets.
    Select All Sheets

  2. Input data pada Sheet1. Beri format yang dibutuhkan. Setelah akhir, cek Sheet2 dan Sheet3. Semua yang dibuat di Sheet1, juga timbul di kedua lembar kerja ini.


Kuncinya merupakan ketika kita input data dan memformatnya, semua lembar kerja ini mesti dipilih atau digrupkan apalagi dahulu (langkah 1). Kemudian bila sudah tamat dan ada suplemen atau perbaikan, ulangi langkah 1, yakni grupkan lembar kerja tersebut dan buat perubahan yang diharapkan.


Demikian juga untuk menghapus data. Saat lembar kerja tersebut masih digrupkan, maka peniadaan data pada salah satu lembar kerja, juga berlaku di lembar kerja yang lain.


Tip: seandainya terjadi kekeliruan, tekan tombol CTRL + Z untuk membatalkannya.




II. Memisahkan Lembar Kerja yang Digabungkan (Ungroup)


Pilih salah satu format berikut untuk memisahkan lembar kerja yang digabungkan atau digrupkan.



  • Untuk memisahkan satu lembar kerja: tekan tombol CTRL dan lalu klik tab lembar kerja yang ingin dipisahkan dari grup.

  • Untuk memisahkan semua lembar kerja: klik kanan pada salah satu tab lembar kerja dan pilih Ungroup Sheets.
    Ungroup Sheets






Baca Juga : -> [Gratis!] 0+ Bimbingan Mencari Lokasi Wifi Id T


Baca Juga : Download Wallpaper Surface Pro 7 / Laptop 3 Disini


Baca Juga : Dark Reader: Add-On Terbaik Bagi Penggemar Dark Mo