Cara Menciptakan Line Break (Fungsi Enter) Di Excel – Computer 1001
Tutorial ini membicarakan cara menggunakan line break atau fungsi Enter untuk membuat isi suatu sel ditampilkan berbaris ke bawah.
Line break yakni perintah untuk membuat baris baru. Di Word, kita bisa bikin baris gres dengan memakai ENTER atau SHIFT + ENTER.
Demikian juga di Excel kita bisa menciptakan supaya isi suatu sel ditampilkan per baris mirip pola gambar di atas.
Bukan cuma pada isi sel yang berbentukteks. Kita juga bisa menambahkan fungsi Enter ini pada formula yang kita gunakan sehingga hasil formula akan ditampilkan berbaris ke bawah.
Cara membuatnya selaku berikut.
I. Menggunakan Line Break pada Sel Lembar Kerja Excel
Langkah-langkah:
- Klik di depan teks atau bab sel yang akan diturunkan ke baris gres.
- Kemudian tekan tombol ALT + ENTER. Excel akan otomatis menerapkan format Wrap Text pada sel ini. Ulangi langkah ini untuk bab teks lain yang ingin ditaruh pada baris gres.
- Terakhir, perbesar ukuran sel, supaya isi sel kelihatan semuanya.
Kita juga bisa mengetik isi sel sambil menggunakan ALT + ENTER untuk membuatnya menjadi per baris. Caranya:
- Ketik baris pertama sel.
- Tekan tombol ALT + ENTER.
- Ketik baris kedua. Ulangi langkah 2 bila ada baris gres lagi.
- Tekan ENTER kalau telah simpulan.
- Bila perlu perbesar ukuran sel, semoga isi baris sel kelihatan seluruhnya.
Tip: untuk mengembalikan isi sel menjadi satu baris, hilangkan format Wrap Text pada sel tersebut.
II. Menggunakan Line Break pada Formula Excel
Agar hasil formula pada suatu sel mampu ditampilkan dalam bentuk per baris, maka gunakan fungsi CHAR (10) untuk membuat line break atau fungsi Enter.
Tutorial ini memakai teladan formula untuk memadukan isi sel.
Rekomendasi: 3 Cara Menggabungkan Isi Beberapa Sel Excel Menjadi Satu
Langkah-langkah:
- Beri format Wrap Text (tab Home, grup Alignment) pada sel yang ingin diberi line break.
- Kemudian tulis formula dengan menyertakan fungsi CHAR (10) seperti salah satu pola berikut.
- =A1 & CHAR(10) & B1
- =CONCATENATE(A4;CHAR(10);C1)
- =”Computer ” & CHAR(10) & “1001”
Hasil formula adalah mirip gambar berikut ini.
Rekomendasi Artikel
- Cara Membuat Huruf Besar (Huruf Kapital) pada Awal Kalimat di Excel
- Cara Merubah Huruf menjadi Huruf Kapital atau Kecil di Excel
- Cara Memisahkan Isi Sel Menjadi Beberapa Kolom di Excel
- Cara Menggunakan Function untuk Memisahkan atau Mengambil Bagian Teks di Excel